News
Senin, 4 Agustus 2014 - 20:31 WIB

ISIS DI INDONESIA : Kemenkum Sebut Baasyir Ditekan Baiat Pendukung ISIS

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Abu Bakar Baasyir bersama 13 Pendukung ISIS (Twitter)

Solopos.com, JAKARTA– Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Handoyo, Sudrajat mengonfirmasi temuan tim investigasi soal baiat Abu Bakar Baasyir ki Lapas Nusakambangan.  Hasil penyelidikan ada 23 napi yang dibaiat mendukung kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“Dari laporan yang saya terima, ada 23 napi teroris yang dibaiat,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Tengah, Hermawan Yunianto seperti dikutip dari Detik, Senin (4/8/2014).

Advertisement

Sebelumnya beredar foto Baasyir bersama napi lapas mengibarkan bendera khas ISIS. Foto yang menampilkan Ba’asyir bersama 13 orang yang diduga anggota ISIS beredar.

Satu di antara mereka terlihat membentangkan bendera ISIS berwarna hitam. Foto itu diambil di sebuah ruangan lebar berlantai kayu. Ba’asyir duduk diapit para pria itu dan mereka mengenakan pakaian putih.

Handoyo mengatakan, sudah ada beberapa napi di Lapas Nusakambangan yang terafiliasi atau ikut kelompok ISIS secara ideologi. “Tapi mereka yang sekarang berbaiat belum tahu yang sebenarnya. Sekarang ke beberapa tempat jangan sembarangan juga untuk menyewakan tempat yang tidak tahu akan dipakai untuk apa,” ujarnya.

Advertisement

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan Direktorat Keamanan dan Ketertiban Kemenkum HAM, diketahui, Ba’asyir membaiat para napi pada 18 Juli 2014. “Bukan di musala, di tempat ruangan mereka di blok hunian,” ujar dia.

Dari laporan yang diterima Ba’asyir melakukan baiat atas desakan sejumlah napi yang mendukung ISIS. “Kita klarifikasi ke Ba’asyir menanyakan itu. Dijawab saya (Ba’asyir) tidak setuju tapi ditekan terus dengan yang ingin bergabung dengan ISIS. Akhirnya dia (Ba’asyir) mau juga membaiat,” sambung Hermawan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif