News
Selasa, 5 Agustus 2014 - 06:15 WIB

ISIS DI INDONESIA : Aktor Video ISIS Sudah Setahun Jadi Buron Polisi

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (youtube)

Solopos.com, JAKARTA – Satu pekan terakhir video berjudul Join the Ranks di situs berbagi video Youtube menghebohkan media Indonesia. Video ajakan bergabung dengan ISIS itu menampilkan Abu Muhammad al-Indonesi sebagai aktor utama.

Video berdurasi delapan menit ini diunggah akun Jihadology pada 22 Juli 2014. Kepolisian sendiri mengklaim telah memiliki data aktor video tersebut.

Advertisement

Kapolri Jenderal Sutarman menyebut pihaknya telah mengidentifikasi sosok pria yang muncul dalam video ISIS di YouTube. Menurut Sutarman, pria tersebut merupakan salah satu buronan Polri dalam kaitannya tindak terorisme.

“Sudah teridentifikasi oleh kita, inisial B dan memang itu salah satu buronan kita selama ini,” kata Sutarman seperti dilansir Detik, Senin (4/8/2014)

Sutarman mengatakan, pria tersebut telah setahun lebih menjadi daftar pencarian orang (DPO) kepolisian dan terkait dengan kelompok terorisme Santoso.

Advertisement

“Kelompok teror di Indonesia. Ada kaitannya dengan kelompok Santoso, ada juga kaitannya dengan kelompok timur,” katanya.

Kendati begitu, Sutarman tidak membeberkan saat ditanya dalam aksi tindakan teror yang mana pria di YouTube itu terlibat.
“Yang jelas dia adalah kelompok terorisme dan selama ini menjadi DPO kita,” ujarnya.

Dengan adanya pernyataan-pernyataan dukungan di YouTube itu, Sutarman mengatakan, pihaknya melakukan langkah-langkah pro aktif dari semua elemen Polri, dari aspek pencegahan dan penegakkan hukum.

Advertisement

Video ini menuai aksi beragam. Bahkan ormas Islam, Front Pembela Islam (FPI) telah mengeluarkan larangan untuk bergabung dengan gerakan politik ini. FPI menyebut ISIS telah melenceng jauh lantaran membunuh sesame muslim beda mazhab.

[Video] http://www.youtube.com/watch?v=kxsPR-_fYnk

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif