News
Jumat, 4 Januari 2013 - 02:13 WIB

IPB Sosialisasi SNMPTN 2013

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

BOGOR–Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof.Dr.Ir.Yonny Koesmaryono, MS menyatakan bahwa Integritas sekolah dipertaruhkan saat mengisi Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS).
Advertisement

Hal itu diungkapkan Prof. Yonny Koesmaryono saat menyajikan presentasi “Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2013”. Dia mengharapkan kejujuran para guru saat memasukkan data siswa dalam PDSS.

“Saya berharap para guru dan kepala sekolah menjaga integritas sekolah dalam menilai siswanya. Integritas guru dan sekolah dipertaruhkan dalam pengisian PDSS. Saya berharap jangan nilainya dibesar-besarnya, diubah dan dibuat-buat,” kata Prof.Yonny dalam siaran pers IPB, Kamis (3/1).

Prof. Yonny menyampaikan terdapat tiga pola penerimaan calon mahasiswa yakni Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri IPB.

Advertisement

”Siswa yang boleh mengikuti SNMPTN adalah yang sekolahnya juga ikut Ujian Nasional. Peserta SNMPTN tidak dikenai biaya apa pun. SBMPTN biaya pendaftaran ditanggung peserta. Seleksi Mandiri tergantung dengan PTN masing-masing bisa melalui kerjasama pemerintah daerah, ujian tertulis, prestasi internasional dan nasional,” papar Prof. Yonny.

Prof. Yonny juga menghimbau kepala sekolah dan guru untuk mengganti PIN dan Password akses PDSS. “ Bila Bapak-Ibu mendapat PIN dan password untuk mengisi PDSS, maka mohon segera diganti. Tidak boleh semua orang tahu PIN dan Password tersebut, sehingga semua orang bisa mengakses PDSS yang kemudian dia bisa mengubah data PDSS,” tegasnya.

Pernah terjadi, katanya, ada kasus PIN dan Password diketahui orang lain, lalu orang itu bermaksud jahat, dia mengubah nilai rapor yang menyebabkan siswa tersebut terlempar dan tidak bisa termasuk berprestasi serta mengikuti jalur SNMPTN.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif