News
Senin, 15 Agustus 2011 - 12:32 WIB

Inggris rusuh, lebih dari 2.000 orang ditangkap

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (Reuters )

(Reuters )

London (Solopos.com)--Kepolisian Inggris terus melakukan penangkapan para tersangka kerusuhan di London dan beberapa kota lainnya. Sejauh ini lebih dari 2.140 orang telah ditangkap. Dari jumlah itu, sekitar 1.000 orang telah mulai diadili.

Advertisement

Demikian disampaikan Pjs Komisioner Scotland Yard, Tim Godwin seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (15/8/2011).  Menurut Godwin, diperkirakan total sekitar 3.000 orang akan diseret ke pengadilan atas kerusuhan-kerusuhan tersebut.

Situasi di London dan kota-kota lainnya saat ini telah kembali tenang.  Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron telah berjanji akan menindak tegas para pelaku kerusuhan. Menurut Cameron, kerusuhan tersebut merupakan titil balik dalam sejarah Inggris karena polisi, politikus dan publik harus

memutuskan apa yang akan dilakukan terhadap para penjahat di balik gelombang kerusuhan yang mengguncang Inggris pekan lalu.

Advertisement

“Kegilaan penjarahan, huru-hara dan pembakaran pastinya akan mengubah banyak hal,” tutur Cameron yang mengingatkan akan adanya kebijakan “toleransi nol” atau “zero tolerance” terhadap para pelaku kerusuhan.

Cameron telah menyewa mantan kepala kepolisian New York, Bill Bratton, untuk memberikan saran kepada pemerintah Inggris mengenai cara menangani kultur gang. Bratton merupakan figur kunci dalam menerapkan “zero tolerance” di New York dan menurunkan angka kejahatan di negara bagian AS itu setelah kerusuhan Los Angeles tahun 1992.

(detik.com/tiw)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif