News
Kamis, 26 September 2013 - 23:15 WIB

INDUSTRI PERHOTELAN : Pasar Belum Siap, Tune Hotel Ubah Konsep

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hotel (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO—Tune Hotel mengubah konsep pemesanan kamar menjadi all in mulai 15 September lalu. Hal ini karena pasar hotel di Solo belum bisa menerima konsep Tune Hotel dengan pemesanan per item.

Konsep pemesanan kamar di Tune Hotel adalah tamu bisa memilih item apa saja yang ingin digunakan dan mengabaikan item lain yang dirasa tidak perlu. Konsep tersebut dimaksudkan supaya tamu bisa menghemat biaya menginap. Namun Hotel Manager, Edi Syumardi, menuturkan selama ini banyak yang komplain mengenai konsep tersebut. Menurut Edi, kebanyakan yang komplain merupakan tamu domestik yang sebelumnya belum pernah menginap di Tune.

Advertisement

“Kalau tamu asing, mereka biasanya sudah paham. Meski begitu, konsep original Tune tetap ada dan bisa dipesan melalui online maupun walk in. Hanya setiap promo yang kami tawarkan semuanya adalah paket kamar plus fasilitas lengkap,” ungkap Edi kepada wartawan di gerau Kipi Oey di Tune Hotel, Jumat (27/9/2013).

Konsep paket tersebut menurut dia tidak berlaku untuk semua Tune Hotel yang ada di Indonesia, hanya berlaku di Tune Hotel Solo. Pasalnya hanya pasar di Solo yang selama ini belum bisa menerima konsep original Tune tersebut.
Edi mengatakan tarif paket yang ditawarkan adalah Rp249.000 per kamar per malam. Namun tarif tersebut belum termasuk sarapan. Perubahan konsep tersebut untuk terus mempertahankan dan meningkatkan capaian okupansi di

Dia menuturkan pihaknya menarget okupansi sebanyak 70% dan selama ini okupansi weekday rata-rata 50-70 kamar dan saat weekend meningkat menjadi 80-90 kamar dari total 153 kamar yang ada. Edi mengatakan pada saat weekend kebanyakan tamu yang menginap merupakan leisure.

Advertisement

Sementara itu, Tune Hotel saat ini juga menawarkan promo khusus, yakni My Day dan Solo Privilege. Edi menjelaskan My Day adalah potongan harga bagi tamu yang memesan kamar bertepatan dengan bulan kelahiran tamu. Potongan yang diberikan senilai Rp70.000 dari tarif normal Rp249.000 per kamar. Sedangkan Solo Privelege menurut Edi diberikan khusus kepada warga Solo yang menginap di Tune Hotel dengan menunjukkan kartu indentitas.

“Tarif program Solo Previlege senilai Rp199.000 per kamar. Program ini kami adakan karena selama ini banyak masyarakat Solo yang juga menginap di Tune,” kata Edi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif