News
Senin, 25 Januari 2010 - 12:36 WIB

Indonesia-AS gelar dialog lintas agama

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta– Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Marty Natalegawa, di Jakarta, Senin, secara resmi membuka kegiatan dialog antar agama dengan Amerika Serikat yang akan berlangsung  25-27 Januari 2010.

“Saya berharap agar dialog lintas agama ini dapat membangun kerjasama menyeluruh antara AS dan Indonesia, terutama di bidang kerjasama sosial budaya ,” ujar Menlu dalam acara yang digelar di Gedung Pancasila, Kompleks Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Advertisement

Sebelumnya, pada tanggal 18 April 2009, Menlu Hasan Wirajuda dan Menlu AS Hillary Clinton telah menyetujui pengembangan kerjasama menyeluruh antar kedua negara.  “Dialog yang dilakukan sekarang merupakan manifestasi dari pertemuan tersebut,” ujar Marty.

Dialog antar umat beragama RI-AS (RI-US interfaith dialog) yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut merupakan tindak lanjut pemerintah kedua negara untuk memperdalam hubungan bilateral dan saling memberi pengertian serta pemahaman masing-masing negara yang memiliki latar belakang kepercayaan yang berbeda..

Dari kegiatan tersebut diharapkan agar dapat lebih membangun kerjasama anta umat beragama serta membuka peluang kerjasama lainnya di masa datang, serta hasil dari dialog ini dapat diterapkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat.

Advertisement

“Mengenai kehidupan lintas agama, sebenarnya bukan hal baru bagi Indonesia, karena kita menjalaninya dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Menlu.

Dalam kesempatan ini Pemerintah RI dan AS akan mempertemukan tokoh dari berbagai latar belakang agama dan keyakinan serta  akademisi untuk mendiskusikan beberapa hal yang menjadi permasalahan bersama.

Hal yang akan didiskusikan antara lain mengenai kerjasama dalam hal pemberdayaan kaum moderat, mengatasi stereotypes yang negatif, mempromosikan kerukunan antarperadaban, dan meningkatkan kerjasama  bidang pendidikan dan pemerintahan, sekaligus menjawab tantangan terhadap isu-isu global seperti pengentasan kemiskinan dan perubahan iklim.

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, Dr RM Marty M Natalegawa juga meluncurkan buku yang berjudul “Insight Indonesia: The Perspective of Americans” yang berisi kumpulan tulisan dari para tokoh-tokoh terkemuka Amerika mengenai Indonesia, antara lain Mantan Menlu AS Henry Kissinger dan beberapa anggota Kongres AS lainnya.

ant/isw

Advertisement
Kata Kunci : Indonesia-AS Lintas Agama
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif