News
Senin, 14 Januari 2013 - 14:27 WIB

Ikan Laut Langka di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Laila Rochmatin  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA — Minimnya pasokan ikan laut dari nelayan di sejumlah daerah membuat los ikan laut di beberapa pasar sepi pedagang. Ikan laut yang dipasok pun sebagian besar merupakan ikan yang disimpan dalam freezer.

Dari pantauan Harian Jogja.com di Pasar Beringharjo dan Kranggan, Senin (14/1/2013)tidak banyak pedagang ikan yang beroperas. Menurut pengakuan Yanto, salah satu pedagang ikan laut di pasar Beringharjo, pasokan ikan semakin menipis.

Advertisement

“Tidak ada ikan, ya, banyak pedagang yang tidak jualan,” paparnya.

Yanto mengaku sudah beberapa pekan ini pasokan ikan laut mengalami penurunan. Pada hari biasa, dia mengaku bisa menyetok empat hingga enam kuintal. “Sekarang separuhnya saja sudah syukur. Memang semakin langka barangnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Yayuk, salah satu pedagang ikan di pasar Kranggan. Perempuan paruh baya ini mengaku tidak ada lagi pasokan ikan laut segar di kiosnya.

Advertisement

“Cumi-cumi saja bahkan tidak saya ambil, karena mahal,” keluhnya.

Meski pasokan minim, permintaan masih cukup banyak. Harga ikan tongkol misalnya, dari pemasok mencapai Rp22.000. Yayuk pun mengaku tidak mendapat untung karena menjualnya Rp23.000 sampai Rp24.000 per kilogramnya.

“Biasanya saya jual Rp20.000, sekarang dijual tinggi pun tidak untung,” ungkapnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif