News
Kamis, 3 September 2020 - 22:33 WIB

Ikan Aneh Bikin Kaget Nelayan di Kanada, Ini Bentuknya

Newswire  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ikan 'monster' Chimaera. (CBC)

Solopos.com, KANADA -- Seorang nelayan menangkap ikan aneh dengan moncong panjang mirip monster di perairan Kanada. Banyak nelayan yang tidak tahu nama ikan itu.

Ikan aneh tersebut merupakan tangkapan Garry Goodyear. Dia sedang mencari ikan di Bonavista Bay, Kanada. Jaringnya menuju kedalaman lebih dari 800 meter. Ketika jaring diangkat salah satu ikan di dalam jaring memiliki moncong sangat panjang.

Advertisement

"Oh Tuhan, ikan apakah ini? Ikan ini seperti punya sayap dan hidungnya terasa seperti karet," kata Garry yang dikutip Detik.com dari CBC.

Kesurupan Bisa Menular Terutama pada Perempuan, Ini Cara Mencegahnya

Advertisement

Kesurupan Bisa Menular Terutama pada Perempuan, Ini Cara Mencegahnya

Garry pun menunjukan ikan aneh itu ke nelayan yang sedang melaut dan yang di darat mereka tidak tahu. "Aku membawanya ke pelabuhan dan tak seorang pun di sana tahu atau pernah melihatnya," kata dia.

Garry pun menjepret ikan aneh tersebut dan beberapa fotonya diunggah  di Facebook. Garry berharap ada yang bisa mengenali jenis ikan itu. Akhirnya didapatkan jawaban ikan itu berjenis chimarea hidung panjang dan beracun.

Advertisement

Ikan Laut Dalam

"Saya tidak tahu jika ikan ini beracun. Bentuknya seperti ikan-ikan lainnya sehingga saya memegangnya dengan tangan telanjang. Aku tak ingin melihat ikan seperti ini lagi," lanjut Garry.

Mengenai ikan aneh itu, Carolyn Miri, ilmuwan biologi di Department of Fisheries and Oceans in Newfoundland and Labrador pun angkat bicara. Dia mengatakan bahwa chimaera merupakan sepupu dari ikan hiu dan ikan pari.

"Jenis ikan tulang rawan, jadi badannya dari tulang itu, seperti yang ada di hidung kita," paparnya.

Advertisement

Terpisah dari Neneknya di Lift, Balita Ditemukan Meninggal Jatuh dari Lantai Delapan

Spesies tersebut dikategorikan ikan laut dalam, bisa hidup sampai 3.000 meter di bawah laut. "Karena habitatnya sangat dalam, kami belum tahu banyak soal biologinya, sejarah ataupun tingkah lakunya," tambah Carolyn.

Chimaera sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti monster mistis. Karena ikan ini terlihat seperti persilangan antara burung dan dinosaurus.

Advertisement

"Hidungnya panjang, matanya yang hijau menyala, memberi kalian kesan dia seperti monster," papar Carolyn.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif