News
Rabu, 23 September 2015 - 21:30 WIB

IDULADHA 2015 : Unik, Ada Gambar Kambing dan Sapi di Kopi!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gambar kambing di permukaan minuman kopi (Okezone.com/Nur Syafel)

Iduladha 2015 disebut pula sebagai Hari Raya Kurban.

Solopos.com, JAKARTA — Ada kedai kopi di Jalan Raya Klampis Jaya, Surabaya, Jawa Timur, yang menyajikan menu kopi dengan cara berbeda. Barista atau peracik kopi menggambar hewan kurban Iduladha berupa kambing dan sapi di permukaan minuman kopi.

Advertisement

Adalah Danny Upay, sang barista andal yang menghadirkan gambar kambing dan sapi di menu kopinya dalam rangka perayaan Iduladha. Dengan begitu, ia berharap umat muslim semakin banyak mampir untuk minum kopi ke kedainya.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, Danny melarutkan kopi dalam suatu cangkir. Kemudian ia menggambaar kambing dengan menggunakan susu di atas permukaan larutan kopi tersebut. Hal itu menarik perhatian pengunjung.

Sejumlah penikmat mengaku baru kali pertama meminum larutan kopi bergambar hewan kurban. Mereka menilai hal itu adalah sesuatu yang unik. Kopi bergambar hewan kurban itu sendiri dibanderol dengan harga Rp15.000 per cangkir.

Advertisement

Masih soal kambing sebagai binatang yang biasanya digunakan sebagai hewan kurban, ternyata ada sejumlah fakta unik di balik kambing.

Sebagaimana Solopos.com himpun dari Liputan6, Rabu (23/9/2015), kambing ternyata hewan yang manja. Ketika makanan kambing (rumput) jatuh ke tanah, kambing enggan memakannya lagi walaupun kondisi rumput tersebut masih segar. Inilah salah satu sifat manja kambing.

Selain itu, pupil kambing juga unik. Apabila pupil manusia berbentuk bulat, pupil mata kambing berbentuk segi empat. Ini membuat mata kambing memiliki pandangan seluas 320-340 derajat. Bentuk segi empat ini bisa membuat kambing melihat dalam keadaan yang lebih baik saat malam hari. Pupil mata kambing pun bisa mengatur dan membatasi cahaya yang masuk.

Advertisement

Sementara itu, sapi juga memiliki keunikan. Tak banyak orang yang tahu bahwa sapi biasa menghadap ke utara. Hal ini bisa terjadi karena otak sapi memiliki “kompas alami” yang melacak medan magnet bumi dan mengarahkan sapi menghadap utara secara otomatis.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif