News
Minggu, 22 November 2009 - 16:45 WIB

ICW pesimis Presiden laksanakan rekomendasi Tim 8

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden SBY akan menyikapi rekomendasi Tim 8 Senin (23/11) besok. Namun, Indonesia Corruption Watch (ICW) sudah bisa menebak arah kebijakan SBY. Rekomendasi tidak akan dilaksanakan.

“Saya kira penghentian kasus Chandra-Bibit tidak akan dilakukan oleh presiden. Kita khawatir presiden tidak akan memuaskan,” jelas Koordinator ICW, Emerson Yuntho kepada wartawan di kantornya, Jl Kalibata Timur IV D No 6, Kalibata, Jaksel, Minggu (22/11).

Advertisement

Emerson menilai presiden masih setengah hati dan tidak akan punya keberanian untuk menghentikan kasus Chandra dan Bibit. “Dia cenderung berlindung ‘kita serahkan ke proses hukum’,” ungkapnya.

Beberapa hari lalu, pascakeluarnya rekomendasi Tim 8, presiden sempat mengatakan agar dia tidak dipaksa untuk melakukan hal-hal yang bukan kewenangannya. Hal itu justru suatu indikasi bahwa rekomendasi Tim 8 tidak akan dijalankan oleh presiden.

“Presiden nantinya cenderung melakukan yang bersifat umum contohnya mafia hukum,” tegasnya.

Advertisement

Hal itu juga, lanjutnya, malah menjadikan presiden tidak jelas posisinya dalam penyelesaian kisruh KPK dan Polri. Emerson mengkhawatirkan, presiden justru menjadi bagian untuk melemahan KPK.

“Kita khawatir, apa presiden jadi bagian pelemahan atau penguatan KPK?,” tandasnya.

 

Advertisement

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : SBY Tim 8
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif