News
Kamis, 17 Agustus 2017 - 10:04 WIB

HUT KEMERDEKAAN RI : Hebat, Presiden Jokowi "Turun" Salami Tamu Undangan di Istana

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara, Kamis (1/6/2017). (Istimewa/Twitter/CNN Indonesia)

HUT Kemerdekaan RI tahun 2017, Presiden dan sejumlah pejabat mengenakan baju adat.

Harianjogja.com, JAKARTA –– Presiden Joko Widodo berkeliling menyalami tamu undangan yang hadir dalam upacara detik-detik proklamasi di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/8/2017).

Advertisement

Momen itu langka terjadi dalam sekitar pukul 09.00 -WIB. Jokowi menyalami satu persatu tamu undangan yang duduk di kursi depan. Presiden yang mengenakan baju adat Batulicin dari Kalimantan Selatan dan Ibu Iriana Jokowi mengenakan pakaian dari Minang tampak ceria menyalami para tamu undangan. Di antara mereka ada yang meminta swafoto alias selfie. Hampir semua undangan yang duduk di paling depan disalami satu persatu. Presiden harus berjalan ratusan meter menyalami tamu yang terbagi dalam blok A hingga blok K. Jokowi didampingi beberapa pejabat yang juga mengenakan baju adat.

Sikap Presiden yang mau “turun” menyalami tamu undangan mengundang respons dari undangan yang kebanyakan memakai baju tradisional di Nusantara.

“Presiden luar biasa. Momen seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Benar-benar sosok yang merakyat dan mau nguwongke uwong,” ujar salah satu tamu undangan, Imam Sajaroh.

Advertisement

Para tamu undangan yang lainnya  yang jumlahnya ribuan orang tampak serius menyaksikan momentum langka tersebut melalui layar monitor.
“Hebat ya Pak Jokowi mau salaman dengan para tamu,” celetuk tamu undangan.

Saat Presiden menyalami tamu, sejumlah pertunjukan berupa tari-tarian ataupun lagu-lagu dinyanyikan oleh beberapa artis seperti Ari Lasso.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif