News
Senin, 26 Maret 2012 - 13:57 WIB

Himakom UPN Gelar Seminar "Social Control vs Trial Press"

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seminar Social Control vs Trial Press di UPN, Senin (26/3) (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Seminar Social Control vs Trial Press di UPN, Senin (26/3) (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

SLEMAN—Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) UPN Veteran Yogyakarta, menggelar seminar nasional di ruang Seminar Kampus 2 UPN, Senin (26/3).

Advertisement

Seminar bertajuk Social Control vs Trial Press ini mengangkat fenomena peran media sebagai kontrol sosial.

Ketua Pelaksana seminar, Susilastuti DN mengataan, tema tersebut diangkat untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait konsentrasi jurnalistik guna memahami fungsi-fungsi media dalam memberitakan isu-isu sosial.

“Seminar ini sebagai pembelajaran bagi mereka (mahasiswa) untuk lebih memahami tentang praktik-praktik jurnalistik. Karena mereka sendiri juga calon-calon wartawan jadi harus bisa lebih memahami etika serta peran pers di lapangan,” ujarnya kepada Harian Jogja di sela-sela acara.

Advertisement

Agung Prabowo, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPN mengatakan, jika wartawan atau media sudah memegang kuat etika jurnalistik, maka trial by the press itu tidak akan terjadi.

Imam Anshori Saleh, Wakil Ketua Komisi Yudisial yang hadir sebagai pembicara mengatakan, bagi masyarakat umum seminar semacam ini sangat penting untuk diketahui. “Sehingga masyarakat juga bisa ikut mengontrol pers juga, biar masyarakat juga punya rasa aman,” ujarnya.(ali)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Seminar TRIAL BY PRESS Upn
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif