News
Jumat, 29 Januari 2016 - 11:30 WIB

HAUL HABIB ALI : Okupansi Hotel Penuh Dipesan Setahun Silam

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ribuan umat muslim mengikuti pengajian dalam rangka perayaan Haul Habib Ali bin Muhammad bin Husain Al Habsyi di Mesjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (10/2/2015). Peringatan Haul Habib Ali Al Habsyi ini digelar hingga Rabu (11/2/2015). (Reza Fitrianto/JIBI/Solopos)

Haul Habib Ali, sejumlah hotel di sekitar Masjid Riyadh telah penuh dipesan sejak setahun silam.

Solopos.com, SOLO–Okupansi sejumlah hotel berbintang di kawasan Pasar Kliwon, Solo menyentuh 100% saat perayaan Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, Rabu-Minggu (27-31/1/2016). Kamar-kamar di hotel tersebut sudah dipesan setahun sebelum acara Haul Habib.

Advertisement

Public Relation Manager Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo, Tia Kristiyanti, mengatakan menjelang puncak perayaan Haul Habib, okupansi hotel menyentuh 70%. “Biasanya saat hari H nanti akan menyentuh 100 persen okupansinya,” jelasnya kepada Solopos.com di Solo, Kamis (28/1/2016).

Mayoritas tamu berasal dari kawasan Jawa Timur. Mereka sudah langganan menginap di KSPH untuk mengikuti perayaan Haul Habib.
Sementara, okupansi menyentuh 100% di Aziza Hotel Solo. Public Relation & Executive Secretary Aziza Hotel Solo, Nuning Cahyono, mengatakan okupansi paling tinggi terjadi pada Jumat (29/1/2016) saat mendekati puncak perayaan Haul Habib.

“Tamu yang menginap di hotel ini sudah memesan setahun lalu untuk dipakai saat Haul Habib sekarang. Okupansinya bahkan mencapai 100 persen,” jelasnya paparnya kepada wartawan di hotel setempat.

Advertisement

Rata-rata tamu yang menginap di hotel mencapai satu hingga dua malam. Tamu berasal dari luar kota seperti Surabaya, Jakarta, bahkan dari Malaysia dan Singapura. Hotel yang memiliki 93 kamar ini pun mematok tarif publish selama momen tersebut.

Lonjakan okupansi juga terjadi di Grand Amira Hotel Solo. Sales Marketing Manager Grand Amira Hotel Solo, Dina Setyaningrum, mengatakan okupansi hotel saat perayaan Haul Habib sudah penuh sejak November tahun lalu. Saat ini, dia sering mendapatkan permintaan tamu untuk menginap di hotel. Namun, keterbasan jumlah kamar membuat hotel terpaksa menolak tamu yang hendak menginap karena penuh.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif