News
Kamis, 13 November 2014 - 21:29 WIB

HARTA KARUN SUKOHARJO : Benda Kuno Dianggap Miliki Energi Gaib

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah benda bersejarah yang ditemukan di wilayah Kabupaten Sukoharjo disimpan di tempat penyimpanan Kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Di wilayah Sukoharjo banyak benda-benda bersejarah yang belum terselamatkan dan jadi incara para pemburu harta. Foto diambil pekan lalu. (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Penemuan benda-benda cagar budaya (BCB), benda-benda kuno di persawahan Joho, Sukoharjo dianggap warga sebagai harta karun.

Antonius Bimo Kokor Wijanarko, salah satu pecinta benda-benda kuno, mengatakan benda-benda kuno yang berhasil diselamatkan dan tersimpan di kampus Univet Sukoharjo, berusia sangat tua.

Advertisement

Ia yakin, masih banyak BCB era Hindu-Budha di berbagai desa di Sukoharjo yang belum diselamatkan. Sebagian, kata dia, memang ada yang dijaga warga setempat dengan caranya masing-masing.

Misalnya, BCB tersebut dianggap sebagai sesuatu yang gaib dan memiliki energi mistik.
Betapapun primitif warga memandang BCB tersebut, namun setidaknya BCB tersebut tak ada yang berani merusak.

“Ada yang di makam-makam, di tepian sungai, dan pegunungan. BCB tersebut sangat banyak,” paparnya.

Advertisement

Kokor menilai, Sukoharjo sudah selayaknya memiliki museum sejarah sendiri. Alasannya, selain untuk menyelematkan heritage yang melimpah, museum tersebut akan menjadi pengembangan aset daerah yang luar biasa.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif