News
Senin, 19 Juni 2023 - 14:06 WIB

Hari Ini, Mentan Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK Lebih dari 3 Jam

Dany Saputra  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dimintai keterangan terkait dengan penyelidikan dugaan korupsi di kementeriannya, pada hari ini, Senin (19/6/2023). (Bisnis.com/Dany Saputra)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dimintai keterangan terkait dengan penyelidikan dugaan korupsi di kementeriannya, pada hari ini, Senin (19/6/2023).

Berdasarkan pantauan Bisnis, Mentan keluar dari ruang dalam Gedung ACLC KPK sekitar pukul 13.00 WIB. Dia sebelumnya dikabarkan hadir di KPK sekitar pukul 09.30 WIB.

Advertisement

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu mengakui bahwa dia sudah tiga kali dipanggil KPK, dan baru datang pada panggilan ketiga.

“Hari ini saya memenuhi panggilan dari KPK yang selama ini dua kali sebelumnya dipanggil saya dengan kegiatan yg terkait kegiatan negar,” ujarnya saat keluar dari lobi Gedung ACLC KPK, Senin (19/6/2023), dilansir Bisnis.com.

Advertisement

“Hari ini saya memenuhi panggilan dari KPK yang selama ini dua kali sebelumnya dipanggil saya dengan kegiatan yg terkait kegiatan negar,” ujarnya saat keluar dari lobi Gedung ACLC KPK, Senin (19/6/2023), dilansir Bisnis.com.

Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa pada panggilan kedua pekan lalu, Jumat (16/6/2023), dia harus pergi ke India untuk menghadiri salah satu agenda kegiatan Forum G20. 

Dia lalu mengungkap alasannya untuk sebelumnya meminta pemanggilan ketiga pada 27 Juni 2023 lantaran ada kegiatan di Korea Selatan.  

Advertisement

Menurutnya, itu yang menjadi alasan mengapa dia bisa memenuhi panggilan KPK pada awal pekan ini.

“Dan alhamdulillah panggilan ini sudah jalan dan saya sudah diperiksa secara profesional, saya terima kasih dan saya tetap akan kooperatif kapan pun dibutuhkan saya siap hadir,” ujarnya. 

Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun sebelumnya, Menteri dari Partai Nasdem itu dikabarkam mendatangi Gedung KPK Kavling C-1 atau Gedung Lama KPK sekitar pukul 09.30 tadi. 

Advertisement

Hal tersebut tidak biasa lantaran umumnya pihak yang dipanggil ke KPK terkait dengan penyelidikan maupun penyidikan yakni ke Gedung Merah Putih KPK. 

Kedatangan Syahrul ke KPK masih dalam agenda permintaan keterangan terkait dengan penyelidikan dugaan korupsi kementeriannya. Status Syahrul Yasin masih terperiksa.  

Sebagai informasi, politisi Nasdem itu sebelumnya berada di India untuk menghadiri acara G20 saat dipanggil pertama kali, Jumat (16/6/2023).

Advertisement

KPK lalu mengirimkan surat pemanggilan pemeriksaan kembali kepada Syahrul Yasin Limpo hari ini, Senin (19/6/2023).

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa dalam surat panggilan yang akan dilayangkannya, Syahrul Limpo diminta untuk hadir pemeriksaan pada Senin (19/6/2023).

“Tim penyelidik segera kirimkan kembali undangan permintaan keterangan dimaksud untuk dapat hadir pada Senin (19/6/2023),” kata Ali dalam keterangannya, Jumat (16/6/2023). 

Dalam surat pemanggilan tersebut, Ali mengharapkan Syahrul Yasin Limpo dapat hadir ke gedung merah putih KPK untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi Kementan.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Mentan Syahrul Yasin Limpo Beri Keterangan ke KPK Lebih dari 3 Jam”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif