News
Selasa, 4 November 2014 - 09:40 WIB

Harga Melon Anjlok, Tembus Rp1.000 Per Kg

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu petani melon asal Desa Glagah, Temon merapikan melon yang siap diangkut tengkulak untuk dibawa ke pasar buah di Jakarta dan Jawa Barat, Senin (3/11/2014). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika)

Harianjogja.com, KULONPROGO – Musim panen kali ini, harga melon asal Kulonprogo anjlok. Petani dan tengkulak mengeluhkan jatuhnya harga melon yang mencapai Rp1.000 per kilogramnya.

“Harga melon musim ini sangat anjlok. Hal itu disebabkan karena panen raya yang bersamaan dari daerah lain, seperti Jawa Timur,” ujar Suprapta, salah satu tengkulak melon saat ditemui Harianjogja.com di lahan melon Desa Glagah, Temon, Senin (3/10/2014).

Advertisement

Suprapta mengatakan, banyak melon yang masuk ke pasaran, terutama ke pasar di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Dia mengungkapkan, pada kondisi normal satu truk melon biasanya dihargai hingga Rp20 juta sampai Rp30 juta. Namun, kini para tengkulak hanya mengantongi Rp6 juta hingga Rp8 juta saja dalam satu truknya.

“Sudah satu bulan ini harga melon hancur di pasaran. Istilahnya kalau sehari bawa uang Rp100 juta bisa membawa melon sampai empat truk, sekarang modal segitu bisa angkut 20 an truk,” keluh Suprapta.

Menurut Suprapta, panen melon kali ini juga bersamaan dengan panen raya buah mangga di sejumlah daerah. Hal itu juga turut memengaruhi penjualan melon di pasaran. Pasalnya, konsumen akan lebih mempertimbangkan dari segi ekonomisnya.

Advertisement

“Harga sudah jatuh, daya beli masyarakat juga pasti akan menurun. Warga pasti akan cenderung membeli buah mangga, satu kilo bisa dapat beberapa buah,” jelas Suprapta.

Harga Melon di tingkat pedagang
Harga normal : Rp6.000 – Rp10.000 per kilogram
Harga sekarang : Rp2.000 – Rp4.000 per kilogram
Harga jual petani
Harga normal : Rp3.000 per kilogram
Harga sekarang : Rp1.000 per kilogram

Sumber : wawancara petani, pedagang

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif