News
Jumat, 16 Januari 2015 - 12:00 WIB

HARGA BBM : Penurunan Harga BBM Diumumkan Hari Ini, Tunggu Rapat Kabinet

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jokowi saat Indonesia Outlook 2015, Kamis (15/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Harga BBM baru akan diumumkan hari ini. Pengumuman penurunan harga BBM dilakukan setelah Presiden Jokowi dan sejumlah menteri menggelar rapat terbatas.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri terkait kebijakan harga baru BBM jenis premium dan solar yang akan diturunkan pada kisaran Rp7.000-6.500 per liter.

Advertisement

Rapat terbatas dihadiri oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro.

“Iya ini mau bahas BBM,” kata Indroyono saat tiba di kompleks Istana Negara, Jumat (16/1/2015).

Rini Soemarno juga belum mau mengungkapkan kapan tepatnya penurunan harga akan diumumkan pemerintah. Sebelumnya, Sofyan Djalil mengungkapkan harga BBM akan turun pada 15 Januari atau 16 Januari 2015. “Masih dibahas. Tidak tahu saya, nanti dibahas dulu dalam rapat ini,” tutur Rini.

Advertisement

Sementara itu, Menteri ESDM Sudirman Said memastikan Peraturan Menteri No. 39/2014 tentang perubahan penetapan harga BBM dari per satu bulan menjadi per dua minggu sekali sudah rampung. “Permen ESDM perbaikan sudah, tinggal implementasinya, tinggal realisasikan menunggu hasil rapat ini,” katanya.

Terkait usul Dewan Energi Nasional untuk membangun stok BBM nasional saat harga minyak rendah mendapat sambutan positif dari Sudirman.

“Sebetulnya tidak impor sebanyak-banyaknya, tetapi DEN memberikan saran mumpung harga lagi rendah untuk bangun stok cadangan nasional, karena kita tidak punya stok nasional. Pagi tadi juga kita diskusi, ini kesempatan kita bangun stok nasional,” tuturnya.

Advertisement

Harga minyak dunia kemarin kembali turun mendekati level terendah dalam enam tahun terakhir. Harga minyak jenis Brent turun menjadi USD46,59/barel dan minyak jenis light sweet menjadi USD45,89/barel.

Sebelumnya, Kementerian ESDM disebut akan mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) dan Elpiji 12 kilogram pada hari ini. Sudirman Said mengatakan penurunan harga dilakukan lebih cepat seiring perubahan harga minyak dunia yang berlangsung cepat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif