News
Selasa, 21 April 2020 - 03:20 WIB

Habib Rizieq Perbolehkan Salat Berjamaah, Asal...

Newswire  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Habib Rizieq yang tak kunjung muncul di tengah wabah virus corona. (Istimewa/Youtube)

Solopos.com, JAKARTA - Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab mengajukan syarat ketat yang harus dipenuhi agar umat Islam bisa tetap salat berjamaah. Syarat ini disesuaikan dengan kondisi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan physical distancing.

Sosok Ini Sebut Corona Mewabah Karena Habib Rizieq Dilarang Pulang

Advertisement

"Jika saat wabah ternyata pabrik tetap kerja dan terminal stasiun tetap buka, KRL dan armada bis tetap beroperasi. Serta rapat paripurna DPR RI tetap digelar dan siaran pers terbuka pejabat dengan wartawan tetap diadakan dengan dalih ada aturan jaga jarak. Maka salat jumat lebih utama untuk dilaksanakan dengan aturan jaga jarak," kata Rizieq dilansir Suara.com, Senin (20/4/2020).

Pesan ini disampiakan Kuasa Hukum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar pada Senin.

Rizieq menyebut di zona hijau yang belum ada kasus virus corona tetap wajib mendirikan Salat Jumat di Masjid. Sementara yang di zona merah bisa dilakukan dari rumah saja sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pemerintah.

Advertisement

Habib Rizieq Dukung MUI dan Pemerintah Terkait Social Distancing

Namun, menurutnya, bagi orang yang berada di zona merah dan bersikeras ingin tetap melaksanakan salat jumat di masjid karena suatu alasan kuat dan meyakinkan sebaiknya jangan dilarang atau dihalangi.

"Tapi diarahkan dengan syarat tetap menjaga jarak fisik dan jarak sosial (physical distancing) sesuai dengan aturan medis melalui tata cara khusus dengan pembatasan super ketat," ucapnya.

Advertisement

Syarat Habib Rizieq

Waspada! Ponpes Al Fatah Temboro Magetan Klaster Baru Penyebar Virus Corona di Asia hingga Afrika

Pembatasan super ketat tersebut antara lain:

Habib Rizieq Dukung MUI dan Pemerintah Terkait Social Distancing

Rizieq menegaskan jika pihak masjid dan jemaah tidak mampu melaksanakan kesepuluh langkah tersebut maka jangan nekat menggelar Salat Jumat.

Advertisement
Kata Kunci : FPI Habib Rizieq Ormas
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif