News
Minggu, 3 Januari 2010 - 22:46 WIB

Gus Ipul yakin Yenny dan Muhaimin islah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Keponakan mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) merasa yakin Zannubah Arifah Chafsoh atau Yenny dan Muhaimin Iskandar akan secepatnya islah (rujuk) untuk menyelesaikan konflik internal PKB.

“Saya melihat benih-benih islah itu ada, tinggal menunggu waktu saja,” kata Wakil Gubernur Jatim itu di Surabaya, Minggu.

Advertisement

Ia melihat keduanya sadar akan kebesaran partai politik yang didirikan Gus Dur pada 1999 itu.

Muhaimin sebagai keponakan Gus Dur dan Yenny sebagai anak kandung Gus Dur, lanjut Gus Ipul, sama-sama memiliki semangat ingin membesarkan partai politik itu.

“Makanya, saya optimistis islah antara dua kubu berbeda di PKB itu akan terjadi,” kata mantan Sekretaris Jenderal DPP PKB di era kepemimpinan Gus Dur-Alwi Shihab itu.

Advertisement

Saat diminta tanggapan, bagaimana jika dirinya diminta turut membantu proses islah, Gus Ipul menyatakan kesiapannya, kendati tak ingin terlibat secara langsung.

“Sebenarnya tidak perlu ada mediasi atau fasilitator, keduanya sudah berpikiran menuju ke sana (islah),” kata Ketua Umum GP Ansor yang sejak 1985 diasuh Gus Dur itu.

Oleh sebab itu, dia menginginkan rekonsiliasi itu atas inisiatif kedua kubu tanpa harus melibatkan orang lain.

Advertisement

Selama ini, Yenny bersikap berseberangan dengan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, bahkan Yenny dan Ali Masykur Moesa berencana mendirikan PKB dengan embel-embel nama “Gus Dur” di belakang nama partai itu.

Hal itu mencuat setelah Gus Dur meninggal dunia di Jakarta pada 30 Desember 2009 dan jenazahnya dimakamkan di Jombang, Jawa Timur pada keesokan harinya.

Muhaimin menyatakan, sebelum meninggal dunia, Gus Dur telah memberikan wasiat kepadanya untuk membesarkan PKB. Namun, hal itu dibantah oleh Yenny karena menjelang akhir hayat, Gus Dur tidak pernah membicarakan masalah PKB.
Ant/tya

Advertisement
Kata Kunci : Gus Dur Wafat
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif