News
Minggu, 15 September 2013 - 21:10 WIB

GUNUNG SINABUNG MELETUS : 30 Pendaki Sempat Terjebak, 8 Belum Kembali

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com.com, MEDAN — Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara meletus dan menyemburkan abu vulkanis, Minggu (15/9/2013) dini hari. Sekitar 3.710 orang warga dari 10 desa di kaki Gunung Sinabung sudah diungsikan, namun di sisi lain sempat ada 30-35 pendaki yang tengah menuju puncak gunung itu sempat terjebak saat terjadi letusan yang terjadi sekitar pukul 02.51 WIB itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Medan dari masyarakat sekitar Sinabung, para pendaki itu bertahan dan tidak bergegas turun. Mereka justru memilih menyaksikan secara langsung letusan Gunung Sinabung yang mereka daki.

Advertisement

Masyarakat memperkirakan sekitar 30-35 pendaki itu tengah melakukan pendakian ketika letusan berlangsung. Namun, hingga kini diperkirakan tersisa 8 pendaki yang belum sampai ke titik awal pendakian di Danau Lau Kawar, Desa Kuta Gunung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo.

Pendaki yang merupakan mahasiswa pencinta alam dari salah satu perguruan tinggi negeri di Medan itu mulai mendaki pada tengah malam sekitar satu jam sebelum letusan terjadi. Beberapa pendaki sempat terkena debu vulkanis tetapi dipastikan mereka dalam kondisi selamat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif