News
Senin, 30 Oktober 2017 - 10:15 WIB

Gunung Agung Bali Siaga, Ribuan Pengungsi Boleh Pulang

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aktivitas Gunung Agung yang dipantau dari posko pemantauan gunung di Desa Rendang, Karangasem, Bali, Minggu (29/10/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Wira Suryantala)

Sebagian pengungsi Gunung Agung boleh pulang.

Solopos.com, JAKARTA — Ribuan pengungsi Gunung Agung di Bali diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing seiring menurunnya aktivitas gunung berapi di Pulau Dewata itu.

Advertisement

“Gunung Agung di level siaga pagi ini. Kegempaan, deformasi, asap solfatara terus menurun. Ribuan pengungsi akan pulang,” kata Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho dalam akun Twitternya, Senin (30/10/2017).

Sutopo juga mengunggah panorama Gunung Agung pagi ini yang disebutnya sangat indah meski masih mengalami aktivitas seismik. “Gunung Agung di Level III Siaga pagi ini. Sangat cantik. Semua data aktivitas seismik gunung terus turun. Bali aman,” kata dia.

Pada Minggu (29/10/2017), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Agung diturunkan dari Level IV (Awas) ke Level III (Siaga) berdasarkan hasil analisis data visual dan kegempaan serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya.

Advertisement

Atas dasar itu, Sutopo mengatakan sebagian besar pengungsi Gunung Agung berjumlah 133.457 jiwa yang tersebar di 385 titik sudah boleh pulang. Pengungsi itu sebagian berasal dari desa yang berada di luar radius 6-7,5 kilometer dari pusat kawah gunung. (baca: Status Gunung Agung Bali Turun Jadi Siaga)

BNPB, kata dia, telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota di Bali untuk pemulangan pengungsi. BPBD setempat masih terus melakukan pendataan pengungsi.

“BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, NGO dan masyarakat telah menyediakan kendaraan yang ditempatkan di pos pengungsian untuk mengangkut pengungsi pulang. Sebagian pengungsi pulang menggunakan kendaraan sendiri atau dibantu pihak lain,” kata dia.

Advertisement

Kendati status Gunung Agung telah turun, Sutopo mengatakan keadaan darurat penanganan pengungsi yang ditetapkan Gubernur Bali tetap berlaku, yaitu pada 27 Oktober sampai 9 November 2017.

Advertisement
Kata Kunci : Gunung Agung Bali
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif