News
Jumat, 10 Februari 2023 - 13:19 WIB

Golkar-PKB Beri Sinyal 5 Partai Bergabung, Pembicaraan Serius akan Berlanjut

Surya Dua Artha Simanjuntak  /  Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Saat itu Keduanya berjalan kaki di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu pagi, 25 September 2021. (Twitter/@airlangga_hrt)

Solopos.com, JAKARTA–Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyambut baik wacana penggabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan koalisi PKB-Gerindra.

Sebagai informasi, Airlangga dan Cak Imin bersama para jajaran pengurus masing-masing partai sarapan bersama di Restoran Sentosa kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Jumat (10/2/2023) pagi.

Advertisement

Golkar sudah tergabung di KIB bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sedangkan, PKB sudah berkoalisi dengan Gerindra.

Kendati demikian, kedua koalisi itu sama-sama belum mendeklarasikan calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Advertisement

Kendati demikian, kedua koalisi itu sama-sama belum mendeklarasikan calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Cak Imin pun menilai wacana penggabungan KIB dengan koalisi PKB-Gerindra akan membuat proses Pemilu 2024 semakin lancar.

“Oh sangat bagus, semakin banyak barisan koalisi semakin efektif proses pemilu, proses pemilu semakin baik,” ujar Cak Imin di kawasan GBK Senayan, Jakarta Pusat, Jumat.

Advertisement

“Jadi kita berharap partai-partai, mari kita samakan visi, tujuan, dan target, sehingga kita betul-betul siap tidak mendadak dalam mengambil langkah-langkah strategis,” jelas Cak Imin.

Sementara itu, Airlangga juga mengakui dalam pertemuannya dengan Cak Imin, mereka saling merayu untuk bergabung ke koalisi. Menurutnya, tak ada yang tak mungkin dalam politik.

“Dua-duanya mengajak. Jadi kalau dua-duanya bergabung, lebih kuat lebih baik. Dalam politik tidak ada yang tidak bisa dibicarakan,” ungkap Airlangga pada kesempatan yang sama.

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) itu juga mengingatkan Golkar dan PKB sama-sama partai koalisi pemerintahan. Begitu juga dengan partai politik lain di KIB dan Gerindra.

Airlangga mengungkapkan pertemuan dengan Cak Imin itu tak akan jadi yang terakhir. Menurutnya, kedua partai sudah menjadwalkan akan bertemu lagi.

“Schedule [jadwal] sudah ada [Golkar dan PKB melakukan pertemuan lagi] dan tentunya ini yang akan kita jaga,” ungkap Airlangga.

Advertisement

Dia belum dapat memastikan kapan pertemuan lanjutan itu akan diadakan. Meski begitu, Airlangga mengungkapkan Golkar dan PKB akan saling mengunjungi markas partai masing-masing.

“Jadi akan ditindaklanjuti. Jadi akan ada pertemuan nanti di kedua partai, kedua partai saling berkunjung,” ujar Arilangga.

Airlangga melanjutkan Golkar dan PKB sudah bersepakat ingin membuat suasana politik jelang Pemilu 2024 terus berjalan kondusif.

Dia juga menegaskan peluang koalisi antara kedua partai sangat besar. Airlangga mengatakan dirinya sudah menyampaikan wacana pertemuannya dengan Cak Imin kepada dua partai yang tergabung dalam KIB, yakni PAN dan PPP.

“Kami sudah berbicara dengan ketua umum yang tergabung di KIB, seluruhnya menyambut positif pertemuan hari ini. Jadi welcome, tangan terbuka, kantor terbuka,” ungkap Airlangga.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Airlangga dan Cak Imin Sambut Wacana Kongsi KIB dengan Koalisi PKB-Gerindra

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif