News
Senin, 4 Juni 2012 - 19:38 WIB

GEMPA SUKABUMI: Belum Ada Laporan Kerusakan dan Korban

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA–Gempabumi berkekuatan 6,1 SR terjadi di Barat Daya Sukabumi Jawa Barat pada Senin (4/6/2012) 18:18:13 WIB. Pusat gempa berada 7.99 LS,106.19 BT atau 121 km Barat Daya Sukabumi dengan kedalaman 24 Kilometer.

Advertisement

Getaran terasa hingga wilayah Jakarta dan Jawa Barat, meski getaran terasa sampai radius ratusan Kilometer namun gempa tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan analisis dari Institus Teknologi Bandung (ITB), gempa selatan Jawa Barat pada 18:18 WIB, kemungkinan terjadi pada bidang pertemuan lempeng atau gempa subduksi.

Jarak dari garis pantai yaitu 50 kilometer, dan 100 kilometer dari sebelah barat dari gempa September 2011. Besarnya pergeseran pada bidang gempa yaitu sekitar 50 sentimeter.

Advertisement

Berdasarkan keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gempa dirasakan cukup kuat oleh warga dan warga berhamburan keluar rumah. “Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa,” ujar Humas BNPM Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan elektronikny, Senin (4/6/2012).

Masyarakat sudah kembali normal aktivitasnya. BPBD Sukabumi masih melakukan pemantauan untuk pendataan. Posko BNPB masih melakukan pemantauan dengan BPBD, Koramil dan Polres di daerah.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gempa Bumi Jakarta Sukabumi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif