News
Minggu, 20 Mei 2012 - 22:41 WIB

GEMPA GUNCANG ITALIA ,Sedikitnya 4 Tewas

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BANGUNAN RUSAK--Sebuah bangunan di St Agostino, Italia, Minggu (17/5/2012) rusak akibat gempa. (Reuters)

BANGUNAN RUSAK--Sebuah bangunan di St Agostino, Italia, Minggu (17/5/2012) rusak akibat gempa. (Reuters)

ROMA–Salah satu gempa bumi terkuat mengguncang wilayah Italia utara, Minggu (20/50) pagi. Gempa berkekuatan 6 SR tersebut menewaskan sedikitnya empat orang dan merusak sebagian besar bangunan.

Advertisement

Gempa terjadi pada pukul 04.04 pagi waktu setempat, berpusat di antara Modena dan Mantova, sekitar 35 kilometer utara Bologna, dengan kedalaman 5 kilometer. Ratusan orang terpaksa tinggal di tenda-tenda darurat pascagempa terjadi.

Tayangan televisi menunjukkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan parah, mulai dari atap runtuh, dinding-dinding retak dan ambruk, hingga timbunan batu bata dari gedung yang ambruk memenuhi di jalanan.

Kantor Berita ANSA melaporkan, tiga orang tewas di Sant’ Agostino di Ferrara ketika sebuah pabrik keramik runtuh akibat guncangan gempa, seorang lagi tewas di Ponte Rodoni do Bondeno. Saluran televisi Italia, Sky TG24 menayangkan rekaman gambar pabrik keramik tempat dua karyawannya tewas tertimbun runtuhan.

Advertisement

“Ini adalah kerusakan yang sangat berat, namun bagian terburuknya adalah kami kehilangan dua orang,” ujar Stefano Zeni, salah seorang pekerja pabrik, seperti dilansir yahoonews.

Sedangkan dua korban lainnya menurut Sky TG24 tewas setelah menderita serangan jantung setelah terbangun akibat guncangan gempa. “Gempa ini adalah salah satu yang terkuat dan berlangsung cukup lama,” ujar Emilio Bianco, seorang resepsionis Hotel Canalgrande di Modena, sebuah hotel dengan berbagai eninggalan dari abad ke-18.

Saat gempa terjadi pada Minggu subuh kemarin, masih banyak warga kota yang terjaga dan beraktivitas, sehingga jumlah korban bisa ditekan. Gempa pertama itu kemudian disusul gempa berkekuatan 5,1 SR dan sejumlah gempa susulan berkekuatan lebih rendah.

Advertisement

Sebagai tindakan pencegahan, beberapa gedung perkantoran di Milan dievakuasi setelah ada laporan mengenai retakan di sejumlah bangunan. Pada 2009, sebuah gempa bumi dahsyat menewaskan lebih dari 300 orang di Kota L’Aquila.

Advertisement
Kata Kunci : Gempa Gempa Italia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif