News
Kamis, 14 Januari 2010 - 12:02 WIB

Gempa di Haiti, Dunia Internasional kerahkan bantuan

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Port-au-Prince--Dunia internasional dan badan-badan kemanusiaan bergegas memberikan bantuan untuk Haiti yang porak-poranda diguncang gempa dahsyat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan personel untuk membantu membersihkan Port-au-Prince, ibukota Haiti dari mayat-mayat korban. Palang Merah Internasional mengirimkan pesawat yang sebagian besar berisi kantong jenazah.

Advertisement

Dari Prancis, 65 personel pembersih puing-puing dan 6 anjing pelacak dikirimkan ke Haiti. Sedangkan pemerintah Spanyol mengerahkan tiga pesawat yang mengangkut tim penyelamat dan 100 ton tenda, selimut dan alat-alat masak. Demikian seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (14/1).

Adapun pemerintah Israel mengirimkan unit khusus penyelamat Angkatan Darat yang terdiri dari para dokter dan teknisi. Pemerintah AS juga mengirimkan kapal-kapal, helikopter, pesawat transpor beserta 2 ribu personel Marinir untuk misi kemanusiaan ke Haiti.

Tim militer dari Kanada juga telah tiba di Haiti untuk memberikan bantuan. Pemerintah Kanada menjanjikan donasi awal sebesar US$ 4,8 juta. Sedangkan pemerintah China menjanjikan bantuan senilai US$ 1 juta. Komisi Eropa telah menyetujui bantuan dana US$ 4,37 juta untuk Haiti.

Advertisement

Sekitar 100 ribu orang dikhawatirkan tewas akibat gempa yang mengguncang Haiti. Gempa berkekuatan 7 Skala Richter itu merupakan yang terdahsyat di Haiti dalam kurun waktu 200 tahun.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif