News
Jumat, 21 Juni 2013 - 20:22 WIB

Gempa 5,2 SR Guncang Italia, Warga Panik Berkerumun di Jalan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peta Italia. (sublet.com)

Peta Italia. (sublet.com)

MILAN — Gempa dengan kekuatan 5,2 pada Skala Richter mengguncang bagian tengah-utara Italia, Jumat (21/6/2013). Media setempat melaporkan, sejauh ini baru diketahui jatuhnya satu korban cedera.

Advertisement

Gempa tersebut terjadi pada pukul 12.33 waktu setempat atau 17.33 WIB. Gempa dirasakan di wilayah Tuscany, Emilia Romagna, Lombardy, Piedmont, Veneto dan Liguria di bagian utara negeri itu. Pusat guncangan itu diduga berada pada kedalaman 5 km, di seputaran Tuscany, bagian tengah Italia.

Guncangan dilaporkan menimbulkan kepanikan di kalangan warga di beberapa wilayah, tempat banyak orang berkerumun di jalan, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam.

Negara Laut Tengah tersebut, yang berada di tempat pertemuan Lempengan Eurasia dan Lempengan Afrika dan ditandai oleh kegiatan vulkanik dan seismik, memiliki sejarah panjang gempa bumi.

Advertisement

Pada Mei 2012, dua gempa dengan kekuatan besar terjadi di Italia Utara, menewaskan 26 orang dan mengakibatkan kerusakan besar, sementara pada 2009 kota kecil kuno L`Aquila diguncang gempa dengan kekuatan 5,9 pada Skala Richter –yang menewaskan lebih dari 300 orang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif