News
Selasa, 29 Desember 2015 - 11:40 WIB

GEDUNG BARU KPK : Masih Banyak PR untuk KPK, Jokowi Berharap Indonesia Bebas Korupsi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

Gedung baru KPK diresmikan pagi tadi oleh Presiden Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tegas menegakkan hukum dalam melawan korupsi.

Advertisement

Harapan terhadap lembaga antirasuah tersebut disampaikan Joko Widodo dalam sambutannya dalam peresmian gedung baru KPK yang bertepatan dengan ulang tahun ke-12 KPK.

“Saya menaruh harapan besar pada KPK untuk Indonesia yang bebas korupsi. Indonesia bisa bangkit menjadi bangsa yang besar kalau Indonesia bebas korupsi,” ujar Joko Widodo di gedung baru KPK, Selasa (29/12/2015).

Presiden menyatakan masih banyak pekerjaan rumah untuk memberantas korupsi. Hal tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab KPK, tetapi juga seluruh aparat penegak hukum dengan sinergi dan komunikasi yang baik.

Advertisement

“Saya berharap KPK bisa bekerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya. Agar tidak ada ego sektoral dalam upaya pemberantasan korupsi,” urai Jokowi.

Presiden Jokowi menantang KPK untuk bisa menjaga kepercayaan publik yang telah berhasil diraih selama 12 tahun dalam kompleksitas pemberantasan korupsi.

“Saya memahami sejak berdirinya KPK sarana cukup representatif. Gedung dan fasilitas baru memang bukan hal yang terpenting. Tetapi bisa menjadi penunjang dalam pemberantasan korupsi. Selain itu, semangat perlu ditopang dengan sumber daya dan kompetensi yang baik,” ujar Joko Widodo.

Advertisement
Presiden pun berharap pimpinan baru KPK dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan lembaga tersebut. Dia pun meyakini pergantian pimpinan KPK tidak akan memengaruhi kinerja lembaga tersebut.

Menurutnya, seluruh pihak harus tetap menjaga KPK sebagai lembaga yang independen dan terbebas dari pengaruh kekuatan politik. Independensi tersebut hanya dapat diwujudkan dengan profesionalisme dengan kredibilitas, dan transpar

Dalam peresmian gedung KPK baru tampak hadir presiden RI ke-3 BJ Habibie dan presiden RI ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono. Selain itu nampak hadir pula beberapa jajaran menteri kabinet kerja seperti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly. Nampak hadir pula Jaksa Agung HM Prasetyo serta Kapolri Badrodin Haiti.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif