News
Selasa, 29 Desember 2015 - 16:15 WIB

GEDUNG BARU KPK : Ada 70 Ruang Pemeriksaan, Begini Fasilitas Gedung Baru KPK

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Gedung baru KPK hari ini diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA – Gedung baru lembaga antirasuah telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (29/12/2015). Walaupun belum rampung 100%, gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu sudah berdiri tegak dengan warna merah putih lengkap dengan lambang KPK.

Advertisement

“Hari ini adalah ulang tahun ke-12 kami tandai dengan soft opening gedung KPK, gedung KPK diresmikan hari ini sebelumnya belum berfungsi lengkap masih ada yang pembangunanya masih berjalan,” ujar ketua KPK Agus Rahardjo, Selasa (29/12/2015).

Gedung yang dibangun di atas tanah seluas 8.663 meter persegi ini digadang-gadang sebagai bangunan yang memiliki konsep secure, smart, dan green building.

“Meski belum sepenuhnya optimal tapi kami mendesain orang yang masuk ruang tertentu hanya orang yang berhak. Ada 70 ruang pemeriksaan, kita disain yang terperiksa di ruang satu tidak mungkin masuk ruang 2, aliran terperiksa dan pemeriksa tidak mungkin ketemu,” tambah Agus.

Advertisement

Konsep secure pada gedung ini didesain mengatur ruang dengan memisahkan area publik dan area kerja atau yang disebut sebagai area terbatas. Gedung ini juga telah dilengkapi akses kontrol dan kamera keamanan.

Smart building dalam bangunan ini disematkan dengan menggunakan sistem keamanan terintegrasi dengan menggunakan building otomation system yang mampu mengendalikan aktivitas peralatan utama dan penunjang di dalam ruangan.

Bangunan 16 lantai dengan luas 39.629 meter persegi itu menggunakan konsep hemat energi. Air yang digunakan untuk menyiram toilet dan tanaman berasal dari air hujan yang ditampung. Selain itu penggunaan energi untuk pendingin relatif rendah.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Gedung Baru KPK
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif