News
Kamis, 21 Maret 2024 - 16:30 WIB

Ganjar Klaim Punya Catatan Sama dengan AMIN Soal Pemilu 2024

Newswire  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan) menyalami capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo usai acara debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku memiliki catatan terkait penyelenggaraan Pemilu 2024 yang sama dengan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Hal ini disampaikan Ganjar merespons pertanyaan wartawan terkait adakah kemungkinan kolaborasi bersama kubu AMIN untuk menindaklanjuti hasil pemilu.

Advertisement

“Kami sama-sama punya pikiran bahwa rasanya saya tidak berkomunikasi langsung pada soal ini, tapi rasa-rasanya kami punya catatan yang sama pada soal ini. Dan kami tidak akan membiarkan,” ujar Ganjar di kawasan Gondangdia, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Ia menganalogikan bahwa satu tempat pemungutan suara (TPS) yang seharusnya jumlah pengguna hak pilihnya hanya 300 orang, tapi hasil rekapitulasinya melebihi itu. Menurutnya, kondisi ini terjadi di banyak tempat.

“Kami melihat sistematis betul ini terjadi. Mudah-mudahan nanti akan ada pakar yang disiapkan oleh tim untuk bisa membuka cerita itu, sehingga bisa membuka mata masyarakat,” jelasnya sebagaimana dilansir Antara.

Advertisement

Selain itu, Ganjar menambahkan, pihak asing pun memberikan catatan pada Indonesia terkait penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Oleh karena itu, dia menegaskan pihaknya dan kubu AMIN pastinya memiliki catatan tersendiri.

Meski begitu, dia tak bisa memastikan apakah nantinya akan ada kesamaan saat persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau gugatan pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menyatakan gugatan di MK hanya untuk mencapai hasil pemilu yang adil dan tak ada agenda tertentu di dalamnya.

Advertisement

“Kami hanya ingin mendudukkan saja proses ini dengan baik. Apa pun keputusannya kita akan legawa,” pungkas Ganjar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif