News
Sabtu, 22 April 2023 - 08:58 WIB

Ganjar Diusung Jadi Capres di Hari Kartini, Sosok Cawapresnya Masih Teka-Teki

Nugroho Meidinata  /  Ichsan Kholif Rahman  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) menyematkan peci kepada calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kanan) disaksikan Presiden Joko Widodo (kiri) di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). PDI Perjuangan resmi menetapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. ANTARA FOTO/Monang/mrh/YU

Solopos.com, SOLO – Ganjar Pranowo secara resmi telah diumumkan sebagai capres dari PDIP di Pilpres 2024, namun sosok cawapres yang bakal mendampingi orang nomor satu di Jawa Tengah itu masih menjadi misteri hingga sekarang.

Meskipun begitu, Presiden Jokowi sempat menyinggung beberapa nama ketika ditanya cawapres yang juga bakal diusung PDIP, seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), hingga Airlangga Hartarto.

Advertisement

“Kok tanya saya, banyak [yang cocok]. Ada Pak Erick [Menteri BUMN], Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin, dan Pak Airlangga,” katanya seusai menjalankan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023).

Disinggung nama Prabowo Subianto, ia tidak menutup kemungkinan tersebut. “Termasuk Pak Prabowo, nanti juga segera cawapresnya ketemu,” katanya.

Jokowi mengatakan mengenai cawapres yang akan diusung untuk mendampingi Ganjar Pranowo akan diputuskan mendatang. “Satu per satu. Calonnya sudah semakin jelas siapa capresnya, tinggal menunggu cawapresnya,” ujar dia.

Advertisement

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP di Pilpres 2024 mendatang di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Megawati dalam sambutannya mengatakan sengaja memilih 21 April 2023 yang merupakan Hari Kartini dipilih sebagai hari pengumuman capres dari PDIP di Pilpres 2024.

“Maka pada jam 13.45 WIB dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim. menetapkan Ganjar Pranowo yang sekarang Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati dalam siaran langsung di kanal Youtube PDIP, Jumat (21/4/2023).

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif