News
Kamis, 21 April 2016 - 22:10 WIB

GAJI PNS : Gaji PNS Naik? Begini Tanggapan Mendagri

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Istimewa Ilustrasi

Gaji PNS dikabarkan akan mengalami kenaikan.

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengutarakan janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS). Apakah ada kemungkinan gaji para pegawai ini meningkat? Seperti ini jawaban Mendagri Tjahjo.

Advertisement

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) jika pertumbuhan ekonomi di Indonesia mencapai 7 persen.

Tjahjo pun mengaku, saat ini pemerintah tengah merumuskan beberapa kebijakan untuk memajukan masa depan para pegawai honorer di daerah agar bisa diangkat menjadi PNS.

“Janji Presiden, kalau ekonomi bertumbuh 6 persen, mendekati 7 persen, gaji dan tunjangan gubernur, bupati, wali kota serta perangkat-perangkatnya atau PNS, akan dinaikkan,” kata Tjahjo seperti diberitakan di situs Kemendagri.go.id.

Advertisement

Pasalnya, sampai saat ini masih ada ketimpangan pendapatan di antara pejabat publik yang harus disesuaikan. Ia sendiri mengakui adanya perbedaan gaji antara pejabat birokrat dan politisi dewan.

“Berbeda dengan gubernur, bupati dan wali kota, yang gajinya masih terbilang kecil. Pokoknya di bawah Rp10 juta. Makanya ini perlu ada penyesuaian,” katanya.

Namun, menurut Mendagri, penyesuaian tersebut juga harus melihat kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Advertisement

Ia pun meminta kepada seluruh pejabat pemerintahan untuk terus bekerja keras, agar perekonomian di Indonesia dapat tumbuh semakin positif.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif