News
Rabu, 12 Juli 2023 - 19:17 WIB

Foto Presiden Jokowi Salami Cak Nun Hoaks, Kerabat: Saya Tahu yang Ngedit

Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto hoaks Presiden Jokowi menyalami Cak Nun. Foto tersebut saat Jokowi menjenguk mantan Presiden B.J. Habibie beberapa tahun lalu. (Istimewa)

Solopos.com, YOGYAKARTA — Budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) yang sedang terbaring sakit akibat pendarahan otak beberapa hari lalu diterpa banyak isu hoaks.

Salah satu hoaks yang beredar luas di media sosial adalah foto Presiden Joko Widodo menyalami Cak Nun ketika menjenguk di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Advertisement

Kerabat Cak Nun mengaku tahu pembuat foto hoaks tersebut.

Postingan foto Jokowi menyalami Cak Nun disertai narasi, “Terbuat dari apa hatimu pak Jokowi……. Jokowi & Iriana jenguk Cak Nun yang lagi Sakit”

Advertisement

Postingan foto Jokowi menyalami Cak Nun disertai narasi, “Terbuat dari apa hatimu pak Jokowi……. Jokowi & Iriana jenguk Cak Nun yang lagi Sakit”

Meskipun Presiden Jokowi memang menjenguk Cak Nun pada Minggu (9/7/2023) lalu, namun foto tersebut dipastikan hoaks.

Foto itu adalah saat Presiden Jokowi menjenguk mantan Presiden B.J. Habibie yang sedang sakit.

Advertisement
Foto saat Presiden Jokowi menjenguk mantan Presiden B.J. Habibie yang sedang sakit di rumah sakit, beberapa tahun lalu. (Istimewa)

Dalam foto asli terdapat narasi sebagai berikut, “Presiden Jokowi menjenguk BJ Habibie yang terbaring sakit di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, (28/10/2014). (Rumgapres/Agus Suparto).”

Tahu yang Ngedit

Salah satu orang dekat Cak Nun, Ahmad Syakurun Muzakki memastikan foto tersebut hoaks.

Ia mengecam tindakan pembuat hoaks dan menyebutnya sebagai kanibal.

Advertisement

“Tadi malam setelah tawashshulan di Kadipiro ada tamu menemui saya. Ada beberapa hal yang mau dikonfirmasi dan ditanyakan. Pertama, tentang foto Mbah Nun dan Jokowi yang beredar di grup WA. Saya jawab ‘Itu Hoax. Itu tindakan kanibalisme khas manusia Indonesia’,” ujar Ahmad Muzakki, seperti dikutip Solopos.com dari laman caknun.com, Rabu (12/7/2023).

Ahmad Muzakki bahkan mengaku tahu orang yang mengedit foto tersebut.

Pelaku, kata dia, adalah orang lama yang selama ini memang menyimpan dendam kepada Cak Nun.

Advertisement

Meskipun Cak Nun diakui secara nasional sebagai aset bangsa, Ahmad Muzakki mengatakan banyak seniman di Jogja yang tidak senang dengan budayawan mbeling tersebut.

“Saya tahu orangnya yang mengedit atau memanipulasi foto itu. Sejak lama hatinya dendam, penuh amarah kepada Mbah Nun. Bahkan ia sampai lupa dengan dirinya, karena hidupnya sibuk full mengamati Mbah Nun,” lanjutnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif