News
Kamis, 5 Februari 2015 - 15:10 WIB

FOTO MESRA ABRAHAM SAMAD : Bongkar Aib Abraham Samad, Siapa Zainal Tahir?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Zainal Tahir (JIBI/Detik)

Foto mesra Abraham Samad dan Feriyani Lim diakui politikus Nasdem, Zainal Tahir. Dia dikenal sebagai sosok yang cukup dekat dengan Abraham Samad.

Solopos.com, JAKARTA – Politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Zainal Tahir muncul di hadapan Komisi III DPR dengan pengakuan mengejutkan. Zainal mengklaim foto-foto Abraham Samad dengan Feriyani Lim diambil oleh dirinya.

Advertisement

Dalam pengakuannya di hadapan Komisi III DPR, Zainal mengaku sebagai Caleg Gagal. Politikus Nasdem ini pernah menjadi ketua penyelenggara pemilu, pengurus partai politik, dan calon anggota legislatif. Dia bahkan sempat menjadi Wartawan.

Catatan Antara seperti dikutip Solopos.com, Kamis (5/2/2015), Zainal memulai kariernya sebagai seorang wartawan dan berbisnis di dunia periklanan surat kabar.

Advertisement

Catatan Antara seperti dikutip Solopos.com, Kamis (5/2/2015), Zainal memulai kariernya sebagai seorang wartawan dan berbisnis di dunia periklanan surat kabar.

Karier politik Zainal dimulai sebagai Ketua Komisioner Komisi Pemilian Umum (KPU) di Gowa tahun 2004.

Tugas Ketua KPU Gowa tidak dituntaskan satu periode oleh Zainal. Dia mundur setelah Pilkada Gowa, menjelang Pilgub Sulsel, 2006.

Advertisement

Setelah “pension” dari KPU, Zainal lantas banting setir menjadi politikus di Sulawesi Selatan (Sulsel). Zainal bergabung dengan Partai Demokrat dan beberapa bulan menjelang Pemilu 2014 dia berpindah ke Nasdem.

Zainal menjadi caleg DPRRI nomor urut 3 di untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel I yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar. Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar.

Zainal masuk caleg Nasdem atas inisiatifnya sendiri.

Advertisement

Selanjutnya: Dekat Abraham Samad

Zainal mulai akrab dengan Abraham Samad saat keduanya menjadi aktivis kampus, penghujung 1980-an. Saat keluar kampus, Abraham menjadi Lawyer, Zainal menjadi wartawan.

Dilansir Detik, Kamis (5/2/2015), bersama Supriansa, Abraham Samad dan Zainal Tahir dikenal sebagai teman dekat. Sebelum menjadi ketua KPK, Samad adalah pengacara. Sedangkan Supriansa merupakan aktivis hukum. Sementara Zainal merupakan politikus dan eks-ketua KPUD Gowa.

Advertisement

Supriansa (kiri) Abraham Samad (tengah) dan Zainal Tahir (kanan) (JIBI/Detik)

Menurut sahabat Samad, Kiblat Said, Samad dan Supriansa sudah dekat sejak dulu. Keduanya sama-sama dari Unhas, hanya beda fakultas. Sedangkan Zainal lulusan UMI. Ketiganya baru akrab setelah lulus kuliah.

“Zainal dan Supriansa akrab dengan Openg (panggilan akrab Abraham), sejak Zainal masih wartawan Harian Fajar, Supriansa aktivis hukum di Makassar. Mereka intens bertemu karena profesi Abraham juga seorang pengacara,” kata Kiblat.

Di Makassar belakangan beredar foto Samad, Supriansa, dan Zainal berada di Mekkah. Menurut Kiblat, itu foto tahun 2013 lalu. Saat itu, Samad baru saja menjadi ketua KPK. Samad, Supriansa, dan Zainal umrah dengan biaya sendiri. “Foto itu yang ambil juga teman mereka,” tutur Kiblat.

Di tengah kisruh KPK dan Polri, Samad, Supriansa, dan Zainal ikut ‘kisruh’. Berawal dari penetapan Komjen BG sebagai tersangka, lalu Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan testimoni soal pertemuan Samad dan elite partai, hingga foto mesra Samad dengan Feriyani Lim.

Supriansa sempat diperiksa Bareskrim Polri terkait laporan LSM KPK Watch terkait isi blog ‘Rumah Kaca’ dan pengakuan Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Kepada polisi, ia menyatakan Samad bertemu elite PDIP di apartemennya pada Pemilu 2014. Samad membantah dan menyebut pertemuannya dengan elite partai tak dapat dihindari. Ia tak pernah berinisiatif bertemu.

Belum selesai laporan LSM, Samad kembali diserang isu foto mesra bareng Feriyani Lim di hotel dan pelaporan soal dokumen palsu. Samad membantah foto itu.

Tapi pada Rabu (4/2/2015) kemarin, Zainal tiba-tiba muncul. Ia mengatakan dirinya yang memotret foto itu dengan menggunakan ponsel Nokia E90.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif