News
Rabu, 4 Oktober 2023 - 13:25 WIB

Fokus Jaring Atlet-Atlet Muda, FKIP UTP Sukses Gelar Piala Rektor 2023

Brand Content  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Juara turnamen futsal Piala Rektor 2023 yang digelar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Piala Rektor 2023 sukses digelar oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP). Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya yang mempertandingkan futsal dan voli antar SMA se-Jateng dan DIY, Piala Rektor 2023 kali ini hanya mempertandingkan kompetisi futsal antar-SMA.

Meski begitu antusiasme peserta bahkan terbilang membeludak, naik hingga dua kali lipat dari Piala Rektor yang pertama. Total ada 64 tim antar SMA Se-Jateng dan DIY yang bertanding di Piala Rektor 2023. Kegiatan ini digelar di GORS UTP, Plesungan, Karanganyar selama 3 hari, Jumat(29/9/2023) hingga Minggu (1/10/2023).

Advertisement

Rektor UTP, Prof. Winarti yang didampingi oleh Wakil Rektor 3 Dr. Nuruddin Priya Budi Santosa, M.Or resmi membuka Piala Rektor 2023 pada Jumat (29/9/2023). Dalam sambutannya Prof. Winarti mengucapkan terima kasih kepada sponsor yang terlibat dan ikut serta mensukseskan kompetisi futsal ini.

Rektor menuturkan UTP tidak diragukan lagi dalam menggelar pertandingan olahraga. Hal ini dibuktikan dengan adanya prodi keolahragaan yang dimiliki UTP, yaitu S1 PKO, S1 Penjas dan S2 Penjas.

Advertisement

Rektor menuturkan UTP tidak diragukan lagi dalam menggelar pertandingan olahraga. Hal ini dibuktikan dengan adanya prodi keolahragaan yang dimiliki UTP, yaitu S1 PKO, S1 Penjas dan S2 Penjas.

“Dengan adanya prodi keolahragaan menjadi bukti fokus UTP di bidang olahraga. Turnamen ini tentu juga menjaring atlet-atlet muda dan berprestasi dibidang olahraga khususnya futsal. Prodi olahraga tidak hanya sekedar memberi pelatihan atau hanya sekedar teori tetapi UTP juga memberikan pendampingan secara langsung sehingga banyak mahasiswa kita yang sekaligus menjadi atlet selalu berhasil dalam setiap pertandingan baik nasional maupun internasional”, tutur Prof. Winarti dalam keterangan tertulis.

Terpisah, Ketua Pelaksana Piala Rektor 2023, Aan Budi Santosa, S.Pd, M.Pd menuturkan Piala Rektor merupakan momen penting untuk mencari bibit atlet serta memperkuat tali persaudaraan dan solidaritas antara peserta, penonton, dan tamu undangan. Sebagai ketua pelaksana Piala Rektor 2023, Aan merasa senang dan bangga bahwa acara ini dapat berjalan dengan lancar, sukses dan tanpa hambatan sedikitpun selama 3 hari.

Advertisement

Pada pertandingan final yang digelar pada Minggu (1/10/2023) mempertemukan dua tim, SMAN 1 Mojolaban melawan SMA N 3 Sragen. Pertandingan yang berjalan selama 30 menit dibagi ke dalam dua babak ini berlangsung sengit hingga akhirnya SMA N 3 Sragen berhasil menumbangkan SMAN 1 Mojolaban dengan skor 2-1. Setelah acara final selesai, langsung dilanjutkan acara penutupan dan penyerahan hadiah.

Juara pertama mendapatkan hadiah berupa piala serta uang pembinaan sebesar Rp3 juta yang berhasil diraih oleh SMA N 3 Sragen. Juara kedua SMAN 1 Mojolaban mendapatkan hadiah berupa piala serta uang pembinaan sebesar Rp2 juta. Juara 3 bersama SMK Bina Taruna dan SMA N 1 Ngemplak mendapatkan hadiah berupa piala serta uang pembinaan sebesar Rp1 juta.

Selain itu ada tiga kategori khusus yaitu, Best player yang diraih oleh M. Naufal Nadit Islami (SMA N 3 Sragen), Top Scorer Mahardika Putra (SMA N 1 Mojolaban), dan Best Supporter jatuh pada supporter SMK N 5 Surakarta. Untuk juara pertama hadiah diberikan oleh Wakil Rektor 2, Dr. Teguh Santosa, M.Pd yang sekaligus menutup acara Piala Rektor 2 2023.

Advertisement

“Saya ucapkan selamat kepada pemenang. Dalam sebuah kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Untuk yang belum berhasil tetap semangat, tetap berlatih, jangan pantang menyerah, siapa tau tahun depan FKIP UTP menyelenggarakan piala rektor kembali bisa jadi juara di tahun depan. Kepada para pemenang, juga harus tetap latihan dan pertahankan gelar juaranya,” ujar Teguh saat memnutup acara Piala Rektor 2023.

Setelah penyerahan hadiah, kapten sekaligus peserta yang mendapatkan best player dalam Piala Rektor 2 2023, Naufal Nadit Islami mengungkapkan rasa senangnya bisa membawa timnya menjuarai Piala Rektor 2023.

“Tentunya senang dan bangga bisa menjadi juara pertama tentu ini hasil kerja keras bersama, terimakasih atas support yang diberikan oleh kepala sekolah SMAN 3 Sragen, pelatih, sponsor dan juga teman-teman yang sudah mendukung kita secara langsung disini di GORS UTP. Saya tidak menyangka juga menjadi best player,” ungkap Naufal.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif