News
Rabu, 16 Agustus 2017 - 13:15 WIB

Flight Test Pesawat N219 Sukses, Pilot Esther Bangga dan Terharu

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Captain Esther Gayatri Saleh berpose di samping pesawat N219 di Hanggar PT Dirgantara Indonesia (PTDI), usai melakukan Uji Terbang Perdana di Landasan Pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Fahrul Jayadiputra)

Pesawat N219 mengudara dengan sukses.

Solopos.com, BANDUNG — Purwarupa Pesawat Pertama N219 yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia (DI) sukses diuji coba pada penerbangan perdana (flight test) di langit Bandung, Rabu (16/8/2017).

Advertisement

Pilot Kapten Esther Gayatri Saleh mengaku bangga karena bisa menerbangkan pesawat itu dari landasan pacu Bandara Husein Sastranegara Bandung. (baca: Pesawat N219 Bikinan Anak bangsa Terbang perdana di Langit Bandung)

“Iya, this is good aircraft. Karena ini buatan Indonesia, kita patut berbangga karena kita bisa buat pesawat,” kata Esther usai menerbangkan perdana pesawat N-219, Rabu (16/8/2017) seperti dikutip Okezone.

Rasa bangga dan haru, kata Pilot Esther, tertanam dalam dirinya karena pesawat tersebut diterbangkan oleh dirinya sehari menjelang HUT ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017.

Advertisement

“Bangga sekali terlebih ini kan bertepatan dengan jelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia juga kita bisa menghadirkan produk anak bangsa yang semuanya dibuat PT DI,” kata dia dilansir Antara.

Ia mengatakan tidak ada hambatan yang berarti selama menerbangkan pesawat. “Pesawatnya oke, sequence sesuai dengan yang dilatih. Saya tenang dan kru semua bekerja dengan baik,” kata dia.

Secara umum, ia juga memuji kinerja pesawat hasil kerja sama PT DI dan Lapan tersebut. “Masih baru pertama kali terbang, perjalanannya masih panjang,” ucap Esther.

Advertisement

Pesawat tersebut lepas landas (take off) dari Bandara Husein Sastranegara pukul 09.12 WIB dan mendarat (landing) pukul 09.40 WIB. Rute yang ditempuh adalah sekitar Bandung Raya.

Begitu kembali, sambutan meriah diberikan oleh para tamu undangan dan karyawan PT Digantara Indonesia. Tepuk tangan, sorak-sorai, hingga lagu Padamu Negeri menyambut kedatangan pesawat asli buatan anak bangsa itu.

Pilot, co-pilot, serta flight test engineer langsung disambut para pejabat begitu turun dari dari pesawat. Pengalungan bunga pun dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan ucapan selamat.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif