News
Kamis, 18 Mei 2023 - 07:14 WIB

Euforia War Tiket Coldplay hingga Sandiaga Uno Gigit Jari, Ini Ulasannya

Newswire  /  Anik Sulistyawati  /  Astrid Prihatini Wd  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Konser Coldplay. (Instagram @coldplay)

Solopos.com, SOLO — Para penggemar Coldplay pada Rabu (17/5/2023)  larut dalam euforia perebutan tiket atau war tiket kelompok musik papan atas dunia, Coldplay yang akan menggelar konser di Jakarta pada 15 November 2023 mendatang.  Begini ulasannya.

Loket.com mencatat 1,53 juta orang ikut berpartisipasi dalam war tiket Coldplay yang berlangsung pada Rabu (17/5/2023) kemarin.

Advertisement

Dalam unggahan pada akun resminya, Loket mengungkapkan 1,53 juta orang telah berpartisipasi dalam perebutan tiket presale Coldplay.

“Lebih dari 1,5 juta orang sudah ikut war tiket BCA presale “Coldplay Music of The Spheres World Tour,” tulis akun Loket, Rabu (17/5/2023). Mereka menyatakan bagi para fans Coldplay yang belum kedapatan tiket masih punya kesempatan pada 19 Mei besok.

Banyak yang mengeluh tidak bisa memasuki waiting room karena sudah memenuhi kapasitas padahal mereka membuka situs penjualan tiket tersebut pada Rabu (17/5/2023) tepat pukul 10.00 WIB. Semua kategori tiket pun sudah resmi terjual habis kemarin.

Advertisement

Tidak mau kalah, Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno juga ikut serta dalam war tiket Coldplay. Ditulisnya melalui Instagram resmi Sandiaga bahwa dia juga kesulitan membeli tiket konser Coldplay. Jangankan membeli, masuk ke antrean saja tidak bisa karena penuh.

“Saya nih lagi war, tapi mau beli buat keluarga, nih. Dikasih tau bahwa coldplayinjakarta.com waiting room is full!” sahutnya sambil menunjukkan ponselnya yang sedang mengakses situs penjualan tiket.

Sandiaga berharap bahwa Coldplay bisa menambah satu hari lagi untuk konser di Indonesia. Dia juga mengimbau para pecinta band tersebut untuk bersabar karena sedang diusahakan agar Coldplay tidak hanya konser selama sehari di Indonesia. Pernyataan ini membuat warganet meninggalkan komentar yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, Menteri Kemenparekraf tersebut juga mengatakan bahwa jika mendapatkan tiket konser Coldplay, dia akan memberikan tiket konser ke salah satu pengikutnya di Instagram.

Advertisement

“Oiya, kalau ada yang mengatasnamakan saya sudah memberikan tiket ke siapapun. ITU TIDAK BENAR! Boro-boro ngasih orang.. anak saya saja belum megang tiket,” tulis Sandiaga di feed Instagramnya.

Dia juga mengungkapkan kalau senang melihat industri hiburan di Indonesia semakin banyak karena peluang usaha dan lapangan kerja pelaku kreatif di Indonesia semakin terbuka luas. Mendukung pernyataan ini, memang banyak konser lokal maupun interlokal yang akan diselenggarakan di Indonesia tahun ini.

Pengalaman War Tiket

Penjualan tiket konser Coldplay dibagi menjadi dua yaitu presale pada 17-18 Mei 2023 khusus nasabah BCA dan 19 Mei 2023 untuk umum. Sejumlah warganet pun membagikan perjuangan mereka berburu tiket pertunjukan musik band pelantun In My Place tersebut.

Solopos.com juga mencoba ikut merasakan pengalaman berburu tiket atau war tiket konser Coldplay Jakarta jalur khusus nasabah BCA ini pada Rabu (17/5/2023). Sesuai petunjuk langkah-langkah pemesanan tiket oleh pihak promotor, PK Entertainment, Solopos.com membuka terlebih dahulu laman resmi pembelian tiket yaitu coldplayinjakarta.com.

Advertisement

Tepat pukul 10.00 WIB, Solopos.com langsung mengklik tombol Buy BCA Presale Tickets dan langsung diarahkan ke waiting room. Kali pertama masuk, Solopos.com mendapatkan waktu tunggu 8 jam 31 menit dan ada 102.100 orang di depan.

Namun dengan cepat waktu tunggu itu berubah menjadi 5 jam-an dan 3 jam. Namun itu hanyalah estimasi dari perangkat komputer. Karena faktanya hanya dalam waktu 1 jam, Solopos.com sudah bisa masuk ke kategori tiket.

Status ketersediaan tiket sudah bisa terpantau saat pembeli berada di daftar antrian atau waiting room. Pada 2 menit setelah pembelian dibuka, kategori CAT 6 langsung full booked.

Pengalaman ikut war tiket konser Coldplay Jakarta lewat jalur nasabah BCA, terlihat dengan cepat perubahan status ketersediaan tiket. Pada tujuh menit pertama kategori Ultimate Experience (CAT 1) seharga Rp11 juta langsung full booked.

Advertisement

Dalam waktu 45 menit, mayoritas tiket langsung sold out. Hanya menyisakan kategori CAT 3, CAT 2A dan Festival yang masih berstatus full booked. Status full booked tersebut menandakan bahwa masih menunggu pembayaran.

Reservasi Hotel Hampir Penuh

Di sisi lain, reservasi hotel di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) hampir penuh menjelang konser band Coldplay pada 15 November 2023 mendatang.

“Untuk teman-teman, saya dapat mengabarkan reservasi hotel di sekitar area GBK sudah di atas 90 persen,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Sementara untuk hotel di kawasan Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara, lanjut dia, masih memiliki ketersediaan kamar sekitar 40-50 persen di sekitar tanggal 15 November 2023.

Ia pun telah memberikan instruksi kepada para pengusaha hotel agar memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung konser Coldplay ini, sehingga pengunjung mendapatkan kenangan baik hotel dari sisi pelayanan.

Pengusaha hotel turut diminta untuk memastikan kesiapan SDM dengan memberikan pelatihan, hal ini karena penonton konser merupakan wisatawan yang kritis, sehingga diharapkan narasi yang keluar terkait konser ini mampu menggambarkan keindahan alam Indonesia dan keramahan masyarakat Indonesia.

Advertisement

Sementara terkait isu Coldplay yang menambah satu hari konser di Jakarta, Sandiaga meminta masyarakat agar tidak terlalu berharap karena ketersediaan waktu band yang digawangi Chris Martin ini terbilang padat.

“Tapi kami sangat mendukung, saya sudah sampaikan pada promotor, jika mereka menambah satu hari lagi maka kita akan membantu fasilitasi,” ujarnya.

Dari sisi kesiapan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak promotor agar konser ini dapat dipersiapkan dengan komprehensif mulai dari perizinan, aspek keselamatan, keamanan dan kesehatan.

Tak ketinggalan, pihaknya juga berkoordinasi terkait aspek keberlanjutan lingkungan mulai dari pengelolaan sampah yang baik, pemanfaatan energi baru terbarukan hingga penggunaan mobil listrik.

Sebelumnya,  TEM Entertainment bersama PK Entertainment belum lama ini secara resmi mengumumkan daftar harga tiket beserta layout panggung untuk konser Coldplay yang akan digelar pada 15 November mendatang di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Tiket mulai dijual secara eksklusif melalui laman website coldplayinjakarta.com. Untuk prajual khusus nasabah BCA, dibuka pada 17-18 Mei 2023. Sementara tiket untuk umum atau di luar nasabah BCA dibuka pada 19 Mei 2023 mulai pukul 10.00 WIB.

Harga tiket konser Coldplay paling murah adalah kategori at 8 (numbered seating) senilai Rp 800.000 sedangkan harga termahal kategori Ultimate Experience (Cat 1) Rp 11.000.000. Namun harga tersebut belum termasuk pajak 15 persen, biaya layanan 5 persen, dan biaya lainnya.Bagi penonton yang membeli kategori Ultimate Experience dan My Universe, sejumlah keuntungan akan didapatkan termasuk pintu masuk khusus, gift item ramah lingkungan yang didesain khusus, hingga akses ke counter merchandise khusus.

Khusus untuk tiket termahal atau Ultimate Experience, penonton akan mendapatkan kesempatan tur belakang panggung sekali seumur hidup, difoto oleh fotografer profesional, hingga custom merchandise secara eksklusif.

Selain di Jakarta, Indonesia, Coldplay juga akan menggelar konser di beberapa kota lainnya pada November seperti Tokyo, Jepang; Kaohsiung, Taiwan; Perth, Australia; dan Kuala Lumpur, Malaysia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif