News
Kamis, 13 November 2014 - 20:20 WIB

EKONOMI ISLAM DI ASEAN : Investasi Halal Menurut Syariah Islam Seperti Ini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana pembukaan 2nd Asean International Conference on Islamic Finance (AICIF) telah dibuka di Convention Hall UIN Suka, Rabu (12/11/2014). (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Bursa Efek Indonesia Cabang Jogja Irfan Noor Riza mengatakan pengetahuan tentang investasi syariah ini akan lebih ditekankan dalam 2nd Asean International Conference on Islamic Finance (AICIF). Sebab jumlah orang Jogja yang sadar akan investasi syariah masih minim.

“Masih banyak yang beranggapan jika investasi itu tidak sesuai dengan syariat Islam. Makanya kami di sini juga memberikan informasi kepada peserta untuk bisa memilih salah satu program investasinya. Terlebih banyak juga investasi yang menggunakan label syariah,” kata Irfan disela acara AICIF di Convention Hall Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), Rabu (12/11/2014).

Advertisement

Soal syariah ini tidak hanya label abal-abal. Pasalnya semua ini diatur Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).
Jadi pihak BEI tidak bisa begitu saja memberikan label investasi syariah.

“Nanti kami, BEI, DSN MUI dan OJK akan mereview perusahaan yang sudah listing. Nantinya aka nada keputusan bisa masuk ke Jakarta Islamic Index dan Indonesia Syariah Stok Index (ISSI). Jika tidak bisa maka akan kami masukkan dalam saham regular,” lanjut Irfan.

Pimpinan Cabang OSO Securitas Jogja-Solo-Semarang Andini Wari mengaku mendukung penuh acara ini. Dia yakin seusai acara ini digelar akan lebih banyak investor yang berani berinvestasi di pasar modal, khususnya bagi mereka yang memiliki dana namun takut soal sesuai tidaknya dengan syariah Islam.

Advertisement

“Iklim investasi di Indonesia pada dasarnya sudah meningkat, namun yang fokus dengan syariah memang belum banyak. Saat ini sudah ada beberapa sekuritas yang bahkan menawarkan investasinya berbasis syariah,” jelas Andini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif