News
Senin, 7 Desember 2015 - 17:35 WIB

EKONOMI INDONESIA : Pemerintah Perkuat Ekonomi untuk Hindari Pengaruh Asing

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Ekonomi Indonesia diperkuat untuk menghindari pengaruh asing.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan pemerintah fokus mempertahankan kekuatan ekonomi agar tak bergantung pada negara asing sehingga dapat menyempurnakan konstitusi dan ketatanegaraan nasional.

Advertisement

Kalla mengaku bangga karena banyak negara mendatangi Indonesia untuk belajar mengenai konstitusi dan sistem ketatanegaraan nasional. Salah satunya, cara menjaga kesatuan, dan eksistensi dengan kebhinekaan yang utuh.

“Kita bersyukur [punya] sistem demokrasi dan toleransi. Tinggal satu kekuatan yang harus terus dipertahankan, yaitu kekuatan ekonomi agar terhindar dari pengaruh luar negeri,” ujarnya dalam pidato Simposium Kebangsaan: Refleksi Nasional Praktek Konstitusi dan Ketatanegaraan Pasca Reformasi di Gedung DPR, Senayan, Senin (7/12/2015).

Menurut dia, Indonesia jauh lebih beruntung dibandingkan dengan negara lain yang mengubah ideologi negaranya karena pemerintahan dan ekonomi tak kuat.

Advertisement

Ke depan, para pemangku kepentingan perlu berfokus memperbaiki praktik terkait konstitusi dan ketatanegaraan. Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyinggung perbaikan dalam praktik tindak pidana korupsi.

“Korupsi yang selalu kita bicarakan berhari-hari, menjadi bagian yang harus kita jaga agar tidak timbul masalah-masalah seperti ini,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif