News
Selasa, 23 Mei 2023 - 20:45 WIB

Dukung Anies, Din Syamsuddin: Orang Cerdas Tahu Sosok Tepat Pemimpin Indonesia

Abu Nadzib  /  Newswire  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kedua kiri) bersama Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin (ketiga kanan) di Jalan Margasatwa, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Solopos.com, JAKARTA — Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin memberi dukungan untuk bakal calon presiden Anies Baswedan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menurut Din, kaum cerdik pandai atau golongan orang-orang yang memiliki pengetahuan luas pasti melihat Anies Baswedan sebagai sosok yang tepat untuk memimpin Indonesia.

Advertisement

“Saya kira banyak dari kita, kaum cerdik pandai, kaum cerdas, dan berakal melihat sosok Anies Baswedan sebagai figur yang tepat untuk Indonesia ke depan,” ujar Din di Jalan Margasatwa, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2023).

Pernyataan itu disampaikan Din Syamsuddin setelah menerima kedatangan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di rumahnya, Selasa.

Advertisement

Pernyataan itu disampaikan Din Syamsuddin setelah menerima kedatangan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di rumahnya, Selasa.

Din Syamsuddin yang merupakan Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2005-2010 dan periode 2010-2015 tinggal di Jalan Margasatwa, Cilandak, Jakarta Selatan.

Sebagaimana diketahui, PKS adalah pengusung Anies Baswedan bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat.

Advertisement

Tidak hanya itu, sosok pemimpin harus dapat memahami cita-cita nasional, mampu memobilisasi potensi rakyat Indonesia, dan bisa berdialog dengan kalangan di dunia internasional.

“Maka pilihan ini pilihan yang tepat (Anies Baswedan) dan saya berharap akan menjadi kenyataan,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Din memuji komitmen PKS yang tidak bersikeras mengajukan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan.

Advertisement

Padahal, di PKS sendiri terdapat beberapa nama yang berkualitas dan mumpuni untuk mengisi posisi itu.

Din menyebutkan nama Ahmad Syaikhu dan Ahmad Heriawan.

Meski begitu, kata Din, PKS terlihat tidak ingin memaksakan terkait sosok bakal cawapres karena ada kepentingan lebih besar daripada itu.

Advertisement

“Walaupun di PKS, saya tahu banyak yang berkualitas, banyak yang mumpuni, baik Presiden PKS sendiri, Ustaz Ahmad Syaikhu, ada juga Kang Aher. Secara khusus, saya melihat perilaku PKS tentang pencapresan ini meletakkannya dalam satu keikhlasan dan legawa sehingga tidak memaksakan diri, memaksakan keinginan untuk, katakanlah, merebut calon wakil presiden,” tambah dia.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan, kedatangannya ke kediaman Din Syamsuddin dalam rangka mencari cawapres untuk Anies Baswedan.

Dia menjelaskan, sebagai presiden PKS dirinya diberi tugas untuk mencari cawapres untuk Anies.

Oleh sebab itu, Syaikhu berkeliling untuk kunjungi para tokoh nasional salah satunya Din Syamsuddin.

“Saya sekarang diamanahi untuk keliling ke berbagai elemen bangsa untuk mencari cawapres, untuk diusulkan. Saya pikir barangkali salah satunya justru ada di sini,” ungkap Syaikhu saat berbincang dengan Din Syamsudin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif