News
Jumat, 14 Desember 2012 - 12:48 WIB

Duh, NASA Salah Pasang Foto Everest

Redaksi Solopos.com  /  Esdras Ginting  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto salah pasang/foxnews.com

Foto salah pasang/foxnews.com

JAKARTA—Badan ruang angkasa AS, NASA, mengakui salah memasang sebuah gambar gunung di India yang diambil dari ruang angkasa dengan menyebutnya sebagai Gunung Everest.

Advertisement

Nasa awalnya mengatakan foto – yang diambil kosmonot Yuri Malenchenko – sebagai puncak tertinggi di dunia dan memuatnya di situs resmi Nasa. Gambar itu kemudian diambil banyak media, tetapi Nasa kemudian menghapusnya setelah seorang ahli dari Nepal menemui kesalahan di foto tersebut.

Everest, yang memiliki ketinggian 8.848 m terbentang di perbatasan Nepal – Cina. Nasa kemudian mengkoreksinya: Itu bukan Everest. Itu adalah Saser Muztagh, di Jajaran Karakoram kawasan Kashmir India, kata seorang juru bicara Nasa dalam surat elektronik ke BBC dikutip detikcom, Jumat (14/12/2012).

Nasa mengatakan Malachenko mengambil gambar tersebut dari stasiuan ruang angkasa internasional ISS awal bulan ini. Foto yang kemudian tersebar di Twitter ini kemudian mendapat kritikan dari komunitas Nepal.

Advertisement

Wartawan Kunda Dixit, seorang ahli tentang Himalaya menulis dalam Twitternya : Maaf teman-teman, puncak gunung dengan bayangan di tengah itu bukan Gunung Everest. Bagaimanapun dia sendiri juga sempat salah menduga dengan menyebut itu mungkin Xixangpama di Tibet.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Everest NASA Salah Foto
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif