News
Rabu, 3 Januari 2024 - 21:41 WIB

Dua Hari di Jawa Tengah, Jokowi Resmikan 9 Jembatan

Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat meresmikan enam jembatan calender hamilton (CH) di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (3/1/2024). (Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, BANYUMAS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sembilan jembatan Callender Hamilton dalam dua hari kunjungannya di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa-Rabu (2-3/1/2024). Dari sembilan jembatan itu, tiga di antaranya berada di lintas selatan Jateng dan enam jembatan berada di lintas utara Jateng.

Peresmian tiga jembatan di lintas selatan Jawa Tengah dipusatkan di Jembatan Tajum Margasana Banyumas, Selasa (2/1/2024). Sedangkan peresmian enam jembatan lainnya dipusatkan di Jembatan Pemali Brebes B, Rabu (3/1/2024).

Advertisement

Tiga jembatan di lintas selatan meliputi Tajum Margasana dan Tajum Karangbawang di Kabupaten Banyumas, serta Jurug B di Surakarta.

Sementara 6 jembatan di lintas utara meliputi Pemali Brebes B dan Pedes B di Kabupaten Brebes, Kalibanger A di Kota Semarang, Wonokerto II A di Kabupaten Demak, Juana I A di Kabupaten Pati, dan Pang I di Kabupaten Rembang.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan total jembatan Callender Hamilton di Jawa yang dilakukan penggantian dan atau duplikasi sebanyak 37 unit. Sembilan di antaranya berada di wilayah Jawa Tengah.

Advertisement

Jembatan tersebut harus diganti dan atau diduplikasi karena umur layanannya sudah lebih dari 40 tahun. Sementara beban yang melintasi di atasnya semakin berat.

“Karena beban berat yang melintas setiap hari di jembatan ini, maka perlu pengganti baru sehingga beban menjadi lebih baik,” kata Jokowi saat meresmikan jembatan.

Infrastruktur jembatan ini diharapkan bisa menunjang mobilitas orang maupun barang secara lebih cepat dan aman. Sehingga, nantinya akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif