News
Rabu, 6 Desember 2023 - 10:57 WIB

Dosen Universitas Tidar Magelang Isi Kuliah Tamu di Sejong University Korsel

Brand Content  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dosen Fakultas Teknik, Universitas Tidar (Untidar) Magelang mengisi kuliah tamu di Sejong University, Korea Selatan.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Dosen program studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Muhammad Rifqi Maarif, S.T. M. Eng, mengisi kuliah tamu pada mata kuliah Machine Learning bagi mahasiswa pascasarjana di Sejong University, Korea Selatan (Korsel) pada Selasa (28/11/2023) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Rifqi memaparkan hasil kolaborasi risetnya dengan Muhamad Syafrudin, peneliti dari Sejong University dengan judul: Uncovering Sustainability Insight from Amazon’s eco-friendly Product Review for Design Optimalization.

Advertisement

“Riset ini memberikan insight mengenai reviu produk ramah lingkungan dengan data yang berasal dari product revieu di laman amazon.com,” ujar Rifqi dalam keterangan tertulis.

Kemudian, lanjut Rifqi, data reviu produk dikumpulkan dan dianalisis menggunakan pemorsesan bahasa alami atau Natural Language Processing (NLP) dan Analisis Korespondensi atau Correspondence Analysis (CA) untuk mengukur analisis sentimen, ekstraksi istilah-istilah kunci, dan topic modeling untuk memperkaya perspektif keberlanjutan pada produk ramah lingkungan.

“Hasilnya, dapat divisualisasikan hubungan antara fitur produk ramah lingkungan dan sentimen konsumen. kondisi ini memperlihatkan adanya hubungan antara fitur aspek keberlanjutan yang spesifik dengan kepuasan konsumen,”katanya.

Advertisement

Kuliah yang dilaksanakan di gedung Daeyang AI Center, Sejong University ini merupakan bagian dari kunjungan dan tindak lanjut riset kolaboratif yang telah dilaksanakan sebelumnya. Peneliti dari Universitas Tidar telah melalukan kolaborasi riset dengan peneliti dari Sejong University dan telah menghasilkan dua buah artikel dengan dosen Untidar sebagai first/correspondence author di Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari riset yang sudah dilaksanakan sebelumnya, pada kesempatan ini kunjungan dilakukan untuk finalisasi artikel ilmiah hasil kolaborasi dan inisiasi kerjasama penelitian dan pengembangan dengan College of Tourism and Hospitailty,” ujar Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPM-PP), Universitas Tidar, Ir. Ibrahim Nawawi, S.T. M.T., IPM, yang turut dalam kunjungan tersebut.

Dijelaskan, kegiatan patok duga (benchmarking) ke Sejong University, Korea Selatan merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kinerja dan mutu dalam mencapai Indikator Kinerja Utama-Universitas Tidar, khususnya pada IKU 3 tentang Dosen berkegiatan di luar Kampus, IKU 5 tentang penetapan riset dosen, karya dosen dipublikasikan di Jurnal Internasional Bereputasi, dan IKU 6 tentang Program Studi yang bermitra dengan program studi dari peguruan tinggi pada peringkat QS-100 by Subject.

Advertisement

Kegiatan kunjungan tersebut dilakukan oleh 3 orang dosen Universitas Tidar yaitu Ir. Ibrahim Nawawi, S.T., M.T., IPM dari Program Studi Teknik Elektro dan Muhammad Rifqi Maarif, S.T. M. Eng, dari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, serta Kurnia Fahmy Ilmawan, S.Si. M.Sc, dari program studi Pariwisata, Fakultas Ekonomi. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Sabtu (25/11/2023) hingga Minggu (3/12/2023).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif