News
Senin, 6 Maret 2023 - 10:37 WIB

Dorong Inovasi, Puluhan Karya Mahasiswa Fakultas Vokasi ITNY Dipamerkan

Bc  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Himpunan Mahasiswa Vokasi (HMV) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan Pekan Pameran Hasil Karya Mahasiswa Vokasi ITNY di Auditorium Ir. H. Pietoyo Soekarbowo, Kampus ITNY pada Rabu-Jumat (1-3/3/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Himpunan Mahasiswa Vokasi (HMV) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menyelenggarakan Pekan Pameran Hasil Karya Mahasiswa Vokasi ITNY.

Kegiatan yang digelar di Auditorium Ir. H. Pietoyo Soekarbowo pada 1-3 Maret 2023 tersebut ini dilaksanakan tepat saat pekan terakhir sebelum pelaksanaan perkuliahan semester genap 2022/2023 berlangsung.

Advertisement

Ketua HMV Tegar Barbarino, mengatakan Pekan Pameran hasil karya mahasiswa vokasi tersebut mengambil tema “The Power of Vokasi”. Dia menjelaskan puluhan karya mahasiswa Vokasi ditampilkan di antaranya sepeda listrik, simulasi lift, mesin perajang tembakau, mesin pencacah rumput, robot line followers, dan lain-lain.

“Kami berharap karya kami mendapat banyak masukan dari pihak di luar FV supaya dapat melengkapi serta mengembangkan keterampilan, keahlian, dan kompetensi mahasiswa vokasi. Kami ingin setelah lulus nanti mampu bersaing di era globalisasi”, tegas Tegar.

Dia  juga menambahkan pameran hasil karya mahasiswa vokasi ini selain untuk ajang unjuk kemampuan mahasiswa juga untuk memupuk nuansa akademis kampus yang kolaboratif, mengingat dua mahasiswa program studi D III Teknik Mesin dan D III Teknik Elektronika bekerja sama untuk mewujudkan acara pameran Karya Mahasiswa tersebut.

Advertisement

“Kegiatan pekan pameran ini akan diselenggarakan rutin setiap semester sebagai bentuk apresiasi mahasiswa Vokasi,” ujar mahasiswa semester 6 FV ITNY tersebut.

Dekan Fakultas Vokasi, Sigit Budi Hartono, MT menekankan bahwa project karya mahasiswa vokasi yang dipamerkan merupakan tugas-tugas kuliah yang berkolaborasi dengan mitra UKM-UMKM, yang inovatif dan kreatif. Lebih lanjut, ia menjelaskan karya mahasiswa tersebut merupakan sebuah manifestasi akhir dari hasil studi yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai wujud nyata dari pembelajaran di vokasi.

Advertisement

“Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan gambaran bahwa karya mahasiswa Vokasi benar-benar bisa dipertanggungjawabkan, bermanfaat untuk daya saing bangsa serta akhirnya bisa mendapatkan pengakuan Haki dan paten,” jelas Sigit.

Sigit menuturkan masukan-masukan yang dilontarkan kepada mahasiswa terlebih yang bukan dari fakultas vokasi tersebut dapat menjadikan motivasi dan semangat mahasiswa vokasi untuk selalu berinovasi dan menciptakan karya-karya yang lebih baik serta bermanfaat ke depannya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif