News
Minggu, 9 Oktober 2022 - 01:11 WIB

Dilaporkan Curi Sawit, 6 Petani Dibebaskan Melalui Proses Restorative Justice

Newswire  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Keenam petani tersebut dibebaskan melalui upaya restorative justice yang dilakukan oleh Polres Mukomuko dan keenamnya bisa kembali ke keluarganya, Jumat (7/10/2022), masing-masing sekitar pukul 21.00 WIB.

Solopos.com, LAMPUNG – Enam petani asal Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu yang sebelumnya diduga mengalami kriminalisasi atas laporan mencuri sawit milik PT Dharia Dharma Pratama (DDP) dibebaskan dari sel.

Keenam petani tersebut dibebaskan melalui upaya restorative justice yang dilakukan oleh Polres Mukomuko dan keenamnya bisa kembali ke keluarganya, Jumat (7/10/2022), masing-masing sekitar pukul 21.00 WIB.

Advertisement

“Iya malam tadi bahkan sudah kita serahkan penerimaan ke keluarga semua. Restorative justice yang kita jalankan cukup alot namun berhasil sehingga enam orang itu dibebaskan,” kata kuasa hukum Petani Saman Lating di Bengkulu, Sabtu (8/10/2022).

Ia menyebutkan, enam dari lima orang petani tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisan beberapa waktu lalu sedangkan satu orang baru ditahan di Polres Mukomuko selama satu hari dan masih belum diproses.

Advertisement

Ia menyebutkan, enam dari lima orang petani tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisan beberapa waktu lalu sedangkan satu orang baru ditahan di Polres Mukomuko selama satu hari dan masih belum diproses.

Baca Juga: Pejabat Pemkab Karawang jadi Tersangka Penganiayaan Wartawan

Pertimbangan dilakukan restorative justice, kata dia, dengan alasan untuk menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Mukomuko.

Advertisement

Terkait dengan permasalahan lahan tersebut, nantinya akan ditindaklanjuti pada awal November dan DPRD Kabupaten Mukomuko akan memfasilitasi pertemuan antara pihak terkait guna membahas sengketa lahan antara perusahaan dengan petani penggarap.

Baca Juga: Terungkap! Sekeluarga Tewas Dicor di Lampung karena Sengketa Warisan

Sementara itu, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto membenarkan adanya pembebasan enam petani yang dilaporkan mencuri TBS sawit tersebut melalui upaya restorative justice.

Advertisement

“Antara pelapor (PT DDP) dan para pelaku sepakat melakukan perdamaian, sehingga kami akomodir untuk penyelesaian perkara melalui restorative justice,” terangnya.

Sebelumnya, lima petani di Kecamatan Malin Deman Kabupaten Bengkulu Utara diduga mengalami kriminalisasi setelah Polres Mukomuko menangkap dan menetapkan lima petani tersebut sebagai tersangka tanpa mengetahui dasar hukum penetapan tersebut.

Baca Juga: Sepasang Suami-Istri di Palangka Raya Diduga Dibunuh Teman Dekat

Advertisement

“Saya melihat ada yang ditutupi oleh penyidik dari penetapan tersangka klien kami, karena penyidik tidak dapat menjelaskan dasar penetapan tersangka dan legal standing PT DDP selaku pelapor, karena lahan yang dipanen tersebut adalah milik saudara Hamdi yang digarap dari sekitar tahun 1989 Sebelum adanya PT BBS apalagi PT DDP,” sebut Saman Lating.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif