News
Kamis, 4 Mei 2023 - 17:29 WIB

Dievakuasi dari Sudan, Puluhan WNI asal Jawa Barat Tiba di Kampung Halaman

Newswire  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi. (Antara)

Solopos.com, BANDUNG — Sebanyak 30 orang lebih pekerja migran Indonesia (PMI) asal Jawa Barat telah berhasil dipulangkan ke Tanah Air dari Sudan yang tengah bergejolak akibat perang saudara.

Puluhan pekerja itu diantarkan ke tempat asal masing-masing.

Advertisement

“Dari yang dipulangkan kemarin dari kloter pertama 80 orang itu yang PMI ini hanya 10 orang, kloter kedua dari 90 orang itu ada 15 orang, sisanya 9 orang dan mungkin hari ini atau besok,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi, di Kota Bandung, Kamis (4/5/2023).

Dia menjelaskan sudah ada empat kloter PMI asal Jawa Barat yang dipulangkan ke Indonesia dan khusus Jawa Barat ada di tiga kloter di antaranya yang sudah dijemput di Asrama Haji Bekasi.

Sebagian besar yang sudah dievakuasi itu bukan PMI melainkan mahasiswa.

Advertisement

Menurut Taufik, untuk penjemputan PMI, pihak sudah kerja sama dengan dinas kabupaten kota namun ada juga yang pulang mandiri dan ada yang dijemput keluarganya.

Dia mengatakan, para PMI asal Jawa Barat yang bekerja di Sudan kebanyakan pekerja rumahan dan tenaga pengajar.

Hingga saat ini, kata Taufik, pihaknya belum menerima permintaan dari wilayah-wilayah yang dekat dengan lokasi konflik untuk dipulangkan.

Advertisement

“Dan untuk WNI lain kami masih menunggu karena selama ini kami menerima informasi dari Kementerian Sosial dan Jawa Barat melalui badan penghubung kita di sana sehingga pada saat datang, WNI diserahkan pada daerah masing-masing. Sampai saat ini baru itu saja yang kami terima,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif