News
Selasa, 28 Februari 2012 - 19:07 WIB

DIES NATALIS UNS: Peringati Dies Natalis, UNS Angkat Tema Kearifan Lokal

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - DIES NATALIS -- Suasana upacara penerimaan mahasiswa baru di UNS beberapa waktu lalu. UNS akan memperingati Dies Natalis ke-36 tahun ini. (JIBI/SOLOPOS/dok)

DIES NATALIS -- Suasana upacara penerimaan mahasiswa baru di UNS beberapa waktu lalu. UNS akan memperingati Dies Natalis ke-36 tahun ini. (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengangkat tema Aktualisasi Kearifan Lokal Menuju Universitas Bereputasi Internasional pada kegiatan memperingati Dies Natalis UNS ke-36. Hal ini karena UNS ingin membawa segala sesuatu yang ada di sekitar UNS ke dalam dunia global.
Advertisement

Ketua Panitia Dies Natalis UNS ke-36, Prof Dr Kuncoro Diharjo ST MT, mengungkapkan dalam konteks internasionalisasi UNS, bukan berarti UNS akan mengubah dirinya seperti apa yang ada di dunia internasional. Tapi membawa sesuatu yang ada di sekitar UNS ke dunia internasional. “Oleh karena itu kegiatan-kegiatan yang dilakukan banyak yang berbasis kearifan lokal,” jelasnya, Solo, Selasa (28//20122).

Ketua Bidang Kegiatan Olahraga dan Seni Budaya peringatan Dies Natalis UNS, Drs Riyadi Santosa MEd PhD mengungkapkan beberapa kegiatan berbasis kearifan lokal antara lain lomba desain batik, lomba dolanan tradisional, pagelaran wayang kulit.

Panitia lainnya, dr Paramasari Dirgahayu PhD, mengatakan tema tersebut dipilih karena UNS ingin menjadi universitas bereputasi internasional. Yaitu universitas yang mendunia dengan membawa kearifan lokal menjadi mendunia. Dengan demikian, keberadaan UNS akan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. “Bukan hanya dalam bidang seni budaya, dalam bidang pengabdian masyarakat juga ada kegiatan berbasis kearifan lokal,” ujarnya.

Advertisement

Panitia Dies Natalis UNS lainnya, Ariadhie Nursasongko, menerangkan seperti tahun-tahun sebelumnya, pada 10 Maret akan diadakan upacara bendera memperingati Dies Natalis UNS. Setelah upacara, dilanjutkan penanaman pohon langka oleh tujuh guru besar UNS dan peresmian gelanggang olahraga (GOR) UNS yang sudah direnovasi dengan dana Rp2 miliar. “Dana tersebut merupakan sumbangan salah satu dewan penyantun UNS yang semasa hidupnya konsen memajukan dunia olahraga, almarhum Mas’ud Wisnusaputra. Rencananya peresmian akan dilakukan rektor UNS dan istri almarhum,” jelasnya.

Karena 11 Maret bertepatan dengan hari Minggu, ungkapnya, acara Sidang Senat Terbuka dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS dilakukan Senin (12/3/2012). Pada acara tersebut, sebanyak 1.600 karyawan dan dosen UNS akan diundang. Selain itu, juga akan diberikan penghargaan kepada peraih doktor baru dan UNS Award.

JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif