News
Selasa, 20 Oktober 2020 - 19:35 WIB

Dies Natalis Fakultas Teknik Unhas, Mentan SYL Tekankan Kolaborasi Memajukan Teknologi Pertanian

Bc  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan orasi ilmiah dalam puncak perayaan Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas). (Istimewa)

Solopos.com, MAKASSAR -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan orasi ilmiah dalam puncak perayaan Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas).

Hadir Rektor Unhas, Prof. Dwi Aries Tina Pulubuhu, jajaran Eselon I Lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) dan Staf Khusus Mentan, Prof. Imam Mujahidin Fahmid.

Advertisement

Mentan SYL menegaskan kolaborasi Kementan dengan perguruan tinggi khususnya bidang teknik sangat dibutuhkan dalam menkonsolidasikan kemajuan teknologi pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Kantongi US$22.000, Kementan Yakini Ekspor Benih Tanaman Hias Tetap Langgeng

Advertisement

Kantongi US$22.000, Kementan Yakini Ekspor Benih Tanaman Hias Tetap Langgeng

Pembangunan pertanian ke depan tidak boleh pada penggunaan teknologi yang stagnan. Namun, harus menerapkan pertanian digital, artificial intelligence, robotic construction, dan internet of things.

"Saya minta kepada para dirjen, sinergi dengan Fakultas Teknik Unhas. Bantu bangun laboratorium agar bisa menghasilkan teknologi, bibit unggul, dan alat mesin pertanian modern," demikian dikatakan Mentan SYL pada orasi ilmiah perayaan Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Unhas tersebut.

Advertisement

Oleh karena itu, Mentan SYL berharap Fakultas Teknis Unhas harus mengambil andil terdepan dalam bidang riset dan teknologi. Untuk kemajuan pertanian ke depan yang tangguh menghadapi tantangan dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Pasalnya, lanjut Mentan SYL, kemajuan di dunia khususnya sektor pertanian tidak bisa terwujud tanpa adanya perkembangan teknologi.

Kisah Nakes Sukoharjo Sembuh Dari Covid-19: Dukungan Eks Pasien dan Tetangga Jadi Suntikan Motivasi

Advertisement

"Kontribusi sektor pertanian dalam menyelamatkan perekonomian nasional di era pandemi Covid 19 sangat membanggakan. PDB sektor pertanian merupakan yang tertinggi dan satu-satunya yang selamatkan PDB nasional. Begitu juga ekspor pertanian naik dan daya beli pun naik," ucap Mentan SYL.

 

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif