News
Rabu, 20 Desember 2023 - 14:54 WIB

Dibangun Serba Hijau, Presiden Jokowi: Tinggal di IKN Jauh dari Strok

Newswire  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo resmi IKN Nusantara. (ikn.go.id)

Solopos.com, KUTAI — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi kota hijau dengan kaya oksigen, sehingga orang yang tinggal di sana semestinya jauh dari penyakit strok maupun jantung.

“Kalau kita melihat kehijauan di sini oksigennya banyak, mestinya pikirannya senang, (sakit) stroknya menjauh, menurut saya (sakit) jantungnya juga menjauh,” kata Jokowi dalam acara peletakan batu pertama (groundbreaking) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di IKN, Kalimantan Timur, Rab (20/12/2023).

Advertisement

RSUP di IKN, kata Jokowi, akan berkonsentrasi pada pelayanan untuk pasien penderita strok dan sakit jantung. RS tersebut menjadi rumah sakit keempat di IKN yang pembangunannya telah diresmikan Presiden Jokowi.

Sejak awal, pembangunan IKN dirancang sebagai kota hijau dengan gedung-gedung yang ramah lingkungan. Pemerintah juga akan melakukan penghijauan kembali di IKN. Selain itu, pemerintah bakal membuat aturan hanya kendaraan listrik yang boleh beroperasi di IKN.

Advertisement

Sejak awal, pembangunan IKN dirancang sebagai kota hijau dengan gedung-gedung yang ramah lingkungan. Pemerintah juga akan melakukan penghijauan kembali di IKN. Selain itu, pemerintah bakal membuat aturan hanya kendaraan listrik yang boleh beroperasi di IKN.

“Sekali lagi, agar kawasan yang ada di Ibu Kota Nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau, yang di negara mana pun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau (Ibu Kota) Nusantara ini,” ujar Presiden Jokowi, sebagaimana dilansir Antara.

Smart Forest City

IKN dibangun secara bertahap hingga 2045 dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia. Konsep ini akan menunjukkan keunggulan bangsa Indonesia untuk mewujudkan kota pintar yang modern dan berkelanjutan, serta berstandar internasional.

Advertisement

“Ke depannya memang selalu saya tekankan kepada siapa pun yang membangun di Ibu Kota Nusantara (agar) gedungnya harus gedung hijau, kemudian lingkungannya harus hijau, kawasannya pun harus menjadi kawasan hijau,” kata Jokowi.

Guna mendukung proses penghijauan di IKN, Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya kali ini juga diagendakan untuk melaksanakan penanaman pohon di sejumlah lokasi, antara lain di area Sumbu Kebangsaan hingga lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

“Hari ini kita akan lakukan penghutanan kembali (reforestasi), melakukan penanaman pohon-pohon endemik agar IKN ini menjadi kawasan yang sangat hijau, yang di negara mana pun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau Nusantara ini,” tutur dia.

Advertisement

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengungkapkan prinsip bangunan gedung hijau (BGH) dan bangunan gedung cerdas (BGC) diterapkan pada proyek pembangunan gedung-gedung pemerintahan di IKN.

Kementerian PUPR terus meningkatkan penerapan infrastruktur hijau di Indonesia, yang berperan penting untuk memastikan pembangunan yang dilakukan tetap dapat menjaga aspek fisik lingkungan dan biocapacity. Dengan demikian mampu melestarikan natural system dengan tetap memperhatikan aspek sosial, budaya, dan ekonomi yang pada muaranya menaikkan kualitas hidup masyarakat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif