News
Selasa, 16 Mei 2023 - 17:18 WIB

Dewan Pers-PT Aksara Solopos Gelar UKW, 17 Jurnalis Kaltim Berstatus Kompeten

Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Belasan wartawan di Kalimantan Timur berfoto bersama penguji dari PT Aksara Solopos seusai penutupan Uji Kompetensi Wartawan fasilitasi Dewan Pers di Swiss-belhotel Borneo, Samarinda, Kaltim, Jumat (13/5/2023). (Wagiman/ Solopos Institute)

Solopos.com, SAMARINDA — Sebanyak 17 dari 18 wartawan di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) yang mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) hasil kerja sama Dewan Pers dan Lembaga Uji PT Aksara Solopos, Jumat-Sabtu (12-13/5/2023), dinyatakan kompeten.

Belasan wartawan itu dinyatakan kompeten setelah menyelesaikan 10 mata uji kompetensi dengan nilai minimal 70.

Advertisement

Sementara satu wartawan dinyatakan belum kompeten dalam UKW fasilitasi Dewan Pers yang digelar secara gratis ini.

UKW Dewan Pers-PT Aksara Solopos itu digelar di Swiss-belhotel Borneo, Samarinda.

Staf administrasi Solopos Institute, Wagiman, dalam rilisnya, Selasa (16/5/2023), mengatakan sebelum pelaksanaan UKW didahului pelatihan jurnalistik lewat aplikasi Zoom pada 2 Mei 2023.

Advertisement
Anggota Dewan Pers Yadi Hardiana (kanan) berbicara di depan puluhan jurnalis yang mengikuti uji kompetensi wartawan oleh Lembaga Uji PT Aksara Solopos dan UPN Veteran, Yogyakarta di Swiss-belhotel Borneo, Samarinda, Jumat (12/5/2023). (Wagiman/ PT Aksara Solopos)

Selain PT Aksara Solopos, Dewan Pers juga menggandeng lembaga uji UPN Veteran, Yogyakarta.

Total 42 wartawan mengikuti uji kompetensi, masing-masing 18 orang melalui PT Aksara Solopos dan 24 jurnalis diuji oleh UPN Veteran, Yogyakarta.

Sebanyak 42 wartawan itu berasal dari berbagai media massa di sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Timur, yakni Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Penajam Paser Utara dan Berau.

Advertisement

UKW dibuka oleh anggota Dewan Pers Yadi Hardiana.

“UKW PT Aksara Solopos terdiri atas enam peserta jenjang madya dan 12 jenjang muda. Untuk madya pengujinya Pak Anton Wahyu Prihartono sedangkan jenjang muda diuji oleh Pak Yonantha Chandra Preman dan Pak Bambang Aris Sasangka,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif