News
Sabtu, 6 Februari 2021 - 22:15 WIB

Demokrat: Pencatutan Nama, Pembusukan Politik!

Newswire  /  Novita Sari Simamora  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti memberikan keterangan pers di Kantor DPP Partai Demokrat , Jakarta, Senin (1/2/2021). (Antara-Muhammad Adimaja)

Solopos.com, JAKARTA — Partai Demokrat tak membiarkan isu kudeta politik terhadap pimpinan partainya yang diduga dilakukan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko segera redam. Buktinya partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono tak henti berkoar terntang isu pembusukan politik tersebut meskipun kalangan Istana Kepresidenan terus berupaya menghindari berlanjutnya isu tersebut menjadi perhatian publik.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengklaim partainya menghormati respons Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang enggan menjawab surat ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono. Sebelumnya AHY menyurati Presiden terkait dugaan keterlibatan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam upaya kudeta Partai.

Advertisement

“Meskipun dengan tiadanya penjelasan Presiden Jokowi tentu masih ada teka-teki yang tersimpan dalam pikiran masyarakat, kami tetap menghormati keputusan dan pilihan Presiden Jokowi tersebut,” kata Riefky seperti dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari Tempo, Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga: Akhirnya, Dayana Jadi Trending Topic Twitter Juga

Riefky mengungkapkan dalam surat tertanggal 1 Februari kepada Presiden Jokowi itu, AHY meminta penjelasan mengenai disebutnya nama Presiden, sejumlah menteri, dan pejabat setingkat menteri dalam gerakan pengambilalihan Partai

Advertisement

Riefky menegaskan partainya tak pernah menuduh para pejabat pemerintah terlibat dalam upaya kudeta itu. Namun, Riefky berujar, nama-nama pejabat pemerintahan itu disebut oleh Moeldoko dan pelaku gerakan lain berdasarkan kesaksian pengurus daerah Demokrat yang bertemu mereka.

Kemungkinan Dicatut

Menurut Riefky, dalam layang itu AHY juga menyampaikan keyakinannya bahwa Presiden Jokowi, menteri, dan pejabat setingkat menteri yang diduga disebut-sebut oleh Moeldoko dan pelaku gerakan lain tak mengetahui masalah ini. “Ketum AHY juga menyampaikan bahwa pejabat-pejabat itu sangat mungkin dicatut namanya dan bahkan sebuah pembusukan politik,” kata dia.

Baca Juga: Sadis! Pria di Ogan Ilir Bacok 3 Orang di Jalanan…

Advertisement

Demokrat pun menyatakan terima kasih kepada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly yang telah memberikan klarifikasi. Riefky menyebut klarifikasi keduanya menegaskan keyakinan Demokrat bahwa mereka tak terlibat dalam upaya kudeta itu.

Meski menilai ada teka-teki dari absennya penjelasan Jokowi, Riefky menegaskan Demokrat menghormati keputusan Presiden.

“Kami berkeyakinan bahwa Presiden Jokowi maupun pejabat negara yang namanya disebut-sebut benar-benar tidak mengetahui adanya gerakan pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat, apalagi terlibat,” katanya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif